25.9 C
Manokwari
Jumat, Februari 23, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Disperindagkop Wondama Jamin Stok Bapok Aman Hingga Lebaran Idul Fitri

    Published on

    WASIOR, linkpapua.com – Dinas Perindagkop dan UMKM Kabupaten Teluk Wondama mengklaim persediaan barang kebutuhan pokok (bapok) untuk menghadapi puasa Ramadan hingga Idul Fitri 1444 H masih aman. Stok bapok dinilai cukup hingga tiga bulan ke depan.

    Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Ekbertson Karubuy mengatakan pihaknya secara rutin berkoordinasi dengan vendor atau distributor penyalur bapok. Sejauh ini bisa dipastikan stok bapok seperti beras, minyak goreng, gula, tepung juga bawang dan telur tetap tersedia dalam jumlah yang memadai.

    Baca juga:  Pemkab Manokwari Susun Ranperda tentang Pengelolaan Pasar

    “Kami selalu bekerja sama dengan vendor-vendor kami dan kami telah mendapat data bahwa stok aman dan harga tetap stabil,” ujar Karubuy, Selasa (28/2/2023).

    Menurutnya, ketersediaan 20 objek bahan pokok, tetap tersedia. Karubuy juga menjamin tidak akan ada kenaikan harga secara signifikan di pasar.

    “Harga tidak meningkat karena kita selalu berkoordinasi terkait itu. Kita setiap minggu melaporkan data 20 komoditas ini ke pusat dan provinsi. Dan sementara ini kita masih dalam posisi aman semua,“ lanjut mantan Sekretaris Bappeda itu.

    Baca juga:  Berkas P21, Polres Mansel Serahkan Tersangka Kasus Kekerasan Seksual Anak ke Kejari Manokwari

    Terkait komoditi tertentu seperti telur juga cabai yang kerap mengalami kekosongan, Ekber mengatakan pihaknya telah mengantisipasi kemungkinan itu. Yakni meminta distributor menambah pasokan telur maupun komoditi lain yang stoknya dirasa mulai menipis.

    Ia juga berkoordinasi dengan Dinas Pertanian untuk menggenjot produksi cabai juga sayur-sayuran.

    Baca juga:  Bupati Hermus Sidak Stok Bapok: Jangan Belanja Berlebihan

    “Seperti untuk rica (cabai), kami berkoordinasi dengan Dinas Pertanian. Tapi ada komoditi (cabai dan sayuran) yang masuk dari Nabire sehingga cukup membantu juga dari luar dari daerah lain untuk bantu. Jadi kami koordinasi supaya bisa ada antisipasi,” jelas Ekber.

    Sementara itu berdasarkan pantauan di pasar dalam kota Wasior, harga bapok umumnya relatif masih stabil. Pun demikian dengan stok. (LP9/red)

    Latest articles

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119...

    0
    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat diduga dimanipulasi. Sejumlah caleg melaporkan suaranya berkurang, sementara ada...

    More like this

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119 jadi 1.203

    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua...

    Partai Golkar Bantah Soal Dugaan Pelanggaran Pemilu di Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Adanya tuduhan terhadap DPD Partai Golkar Papua Barat yang akan melakukan intervensi...

    Persiapan PSU, Ketua KPU Manokwari Lantik KPPS di 7 TPS

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari Christin.R. Rumkabu melantik Kelompok Penyelenggara Pemungutan...