24.8 C
Manokwari
Rabu, Februari 21, 2024
24.8 C
Manokwari
More

    Dance Sangkek: Hasil Evaluasi Calon Kepala OPD akan Diumumkan Pekan Depan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Pemprov Papua Barat tengah menggodok calon pejabat eselon dengan proses uji kompetensi satu pekan ke depan. Hasil evaluasi ini akan menjadi parameter untuk mengangkat calon pimpinan OPD.

    Penjabat Sekda Papua Barat Dance Sangkek mengatakan, proses reorganisasi itu dinamis. Selalu ada evaluasi pada fungsional tugas, kelembagaan maupun personel agar terjadi dinamisasi birokrasi.

    Dia menilai, birokrasi tidak akan sehat jika tidak pernah ada evaluasi yang terjadi secara periodik. Ketiadaan evaluasi itu yang kerap membuat ada pejabat yang menduduki jabatan kepala OPD lebih dari lima tahun. Atau bahkan ada yang sampai belasan tahun.

    Baca juga:  8 Gugur, 35 Orang Berebut 11 Posisi Eselon II di Pemkab Teluk Bintuni

    “Kita ingin tidak ada lagi yang menduduki jabatan kepala OPD terlalu lama. Karena ini membuat organisasi tidak sehat,” jelas Dance.

    Ia menjelaskan, uji kompetensi itu akan menentukan di mana selayaknya seorang birokrat ditempatkan.

    “Uji kompetensi itu orang tidak diganti orang tetap ada di sini tapi dinilai yang tadinya duduk di kepala biro A setelah diuji kompetensi nilai yang kita dapatkan misalnya tidak cocok karena tidak memenuhi. Berarti orang ini tidak cocok di jabatan itu. Cocoknya di mana dan dirolling gitu. Kemudian kalau sudah evaluasi kinerja itu diganti dan melalui proses,” paparnya

    Baca juga:  Jumat, Pemprov Papua Barat Serahkan Materi KUA-PPAS APBD Induk 2023 ke DPR

    Kata Dance, saat ini panitia evaluasi maupun uji kompetensi sedang bekerja. Dalam waktu dekat akan ada hasil dari evaluasi maupun uji kompetensi tersebut. Yang kemudian akan menjadi dasar pergeseran pejabat.

    Baca juga:  Kick Off Serambi 2023, Dance Sangkek: Semua Harus Andil Atasi Krisis Pangan

    Menurut Dance, pimpinan daerah berhak menentukan seseorang dalam jabatan. Di Papua Barat sudah membentuk panitia untuk melakukan evaluasi dan uji kompetensi.

    “Tahapan sudah berjalan pendaftaran sudah masuk hari ketiga, uji kompetensi sudah 100 persen. 47 pimpinan OPD dilakukan evaluasi dan uji kompetensi,” jelas Dance.(LP9/Red)

    Latest articles

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi...

    0
    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang beredar di Istana, ada dua pos menteri yang akan dirotasi, Yakni...

    More like this

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi Menteri ATR

    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang...

    Pj Gubernur Ali Baham Beberkan Tantangan Berat Papua Barat Menuju Indonesia Emas 2045

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengatakan, ASN harus menjadi...

    Sastrawan Pulo Lasman Simanjuntak Tulis Puisi untuk Presiden RI Terpilih

    JAKARTA, linkpapua.com- Penyair dan sastrawan, Pulo Lasman Simanjuntak menulis syair untuk Presiden RI terpilih...