27.8 C
Manokwari
Senin, Juli 22, 2024
27.8 C
Manokwari
More

    BMKG : Waspada cuaca ekstrem Papua Barat Sabtu-Minggu

    Published on

    Manokwari-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Provinsi Papua Barat yang berpotensi terjadi pada Sabtu (5/9)-Minggu (6/9).

    Kepala BMKG Stasiun Rendani Manokwari, Denny Putiray, Jumat (4/9), menjelaskan, awan cumulunimbus berpotensi muncul di wilayah perairan Manokwari, Sorong Raja Ampat, Teluk Cenderawasih, Fakfak serta Kaimana.

    Baca juga:  Semarak HUT Ke-46, BPW KKSS Papua Barat Gelar Berbagai Kegiatan

    “Selain hujan lebat, awan gelap ini juga dapat memicu kecepatan angin. Di wilayah perairan tentu dapat memicu ketinggian gelombang,” ucap Putiray.

    Ia menyebutkan, selain Papua Barat, awan cumulunimbus juga berpotensi besar muncul di perairan Biak dan Sarmi, Jayapura Provinsi Papua.

    Untuk angin kencang, lanjut Denny, masyarakat terutama nelayan di wilayah Fakfak, Kaimana, Missol Raja Ampat, serta Sorong bagian Selatan diharapkan lebih waspada. Kecepatan angin di beberapa wilayah itu diperkirakan bisa mencapai 20 knot atau 40 meter/jam.

    Baca juga:  Kepala BKD PB Sebut Belum Ada ASN Diperiksa Terkait Pemalsuan Dokumen

    “Dengan kecepatan angin 20 knot, tinggi gelombang kemungkinan bisa mencapai 2 meter. Untuk nelayan tradisional terutama yang menggunakan perahu-perahu kecil ini sudah sangat berbahaya,” ujarnya lagi.

    Baca juga:  BP Berkomitmen Terus Berinvestasi di Indonesia, Wapres Ma'ruf Amin Sambut Baik

    Khusus untuk wilayah Manokwari, sebut Putiray, secara umum pada Sabtu dan Minggu besok dipredikasi akan diselimuti awan. Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi pada Sabtu malam dan Minggu dini.

    “Di Manokwari kecepatan angin bervariasi antara 6 hingga 15 knot dengan tinggi gelombang air laut antara 0,5 meter sampai 1,5 meter,” kata Denny lagi.(LPB1/red)

    Latest articles

    Kajati Jelaskan Sejumlah Capaian pada Momentum HBA ke 64

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pada momentum Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 64 tahun ini, Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat Muhammad Syarifuddin mengungkapkan pihaknya berkomitmen melakukan penegakan...

    More like this

    Kajati Jelaskan Sejumlah Capaian pada Momentum HBA ke 64

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pada momentum Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 64 tahun ini, Kepala Kejaksaan...

    Kajati Papua Barat Harap HBA ke-64 jadi Momentum Introspeksi Diri

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kejaksaan Tinggi Papua Barat menggelar upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64,...

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam I

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya...