27.1 C
Manokwari
Selasa, Juli 16, 2024
27.1 C
Manokwari
More

    Berikan Materi Bela Negara, Ini Kata Kasdim 1806 Teluk Bintuni

    Published on

    BINTUNI-Kasdim 1806 Teluk Bintuni, Mayor Inf Rayner Wajong, memberikan materi Bela Negara pada kegiatan Pembinaan Wilayah Teritorial Bagi Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Organisasi Kepemudaan (OKP) tingkat kabupaten, yang dilaksanakan oleh Kesbangpol Teluk Bintuni, di Aula kantor KPU Teluk Bintuni, Kamis (12/11/20).

    Dalam pemaparannya, Kasdim mengatakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintanya kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 45 untuk menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara seutuhnya.

    Baca juga:  Jaksa Menyapa" di Teluk Bintuni: Bicara Perlindungan Anak dan KDRT

    “Upaya bangsa dalam mewujudkan cita-cita nasional,seperti yang dirumuskan pada alinea ke-4 UUD 45, pasal 27 ayat 3 menyatakan bahwa semua warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara, pasal 30 ayat 1 menyatakan bahwa, tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam pertahanan dan keamanan negara,” kata Kasdim.

    Lanjut Kasdim, pemerintah mengupayakan agar sedini mungkin setiap warga negara memilik jiwa patriotisme dan ketahanan yang tangguh, ulet dan pantang menyerah, percaya pada kemampuan sendiri dalam rangka menjaga tengak dan utuhnya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45.

    Baca juga:  Bacaleg di Teluk Bintuni Ungkap Pengalaman Dipenjara karena Bisnis Kosmetik

    Tujuan bela negara dilaksanakan agar setiap warga negara memiliki tekad, sikap, tindakan yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut.

    Sementara fungsi bela negara adalah mempertahankan negara dari berbagai ancaman, menjaga keutuhan wilayah merupakan kewajiban setiap warga negara, merupakan pangilan sejarah.

    Baca juga:  Ponpes Thariqul Huda Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Tahiti

    “Hentikan saling menghujat, saling menyalahkan, permusuhan dan pertikaian, bangun wawasan kebangsaan, rasa nasionalisme indonesia pada diri anak bangsa, jangan mudah terprovokasi, sadari bahwa pihak asing selalu berusaha menjadikan kita sebagai agen demi kepentingannya,” tegas Kasdim.

    “Kita semua satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa Indonesia sama-sama mendambakan kejayaan, keadilan dan kemakmuran, baktiku hanya untuk Indonesia Raya, satukan Indonesiaku NKRI harga mati,” pungkas Kasdim (LPB5/red)

    Latest articles

    KPU Manokwari Sarankan Bakal Calon Tidak Mendaftar Dihari Terakhir Pendaftaran

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari menggelar Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 8 tahun 2024 tentang pencalonan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil...

    More like this

    TNI-Polri Ingatkan Bahaya Penggunaan Senpi-Handak: Ancamannya Hukuman Mati!   

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Teluk Bintuni menyelenggarakan penyuluhan tentang...

    Operasi Patuh 2024, Polres Bintuni Fokus Cegah Gangguan dan Lakalantas

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni menggelar apel menandai dimulainya Operasi Patuh Mansinam 2024, Senin...

    Polres Teluk Bintuni Beri Bantuan Sumur Bor di Kampung Irarutu III Distrik Babo

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni menyalurkan bantuan berupa sumur bor berikut pompa air...