25.5 C
Manokwari
Minggu, Juni 16, 2024
25.5 C
Manokwari
More

    Bahas Stunting di Wondama, Waterpauw-Mambor Sepakat Pakai Pola ‘Orang Tua Asuh’

    Published on

    WONDAMA, Linkpapua.com-Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw dan Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor sepakat menerapkan pola orang tua asuh dalam menangani stunting dan kemiskinan ekstrem di Wondama. Hendrik bahkan menggagas setiap kepala OPD punya anak asuh.

    Pembicaraan ini dicapai dalam lawatan Waterpauw ke Kabupaten Teluk Wondama, Rabu (19/4/2023). Waterpauw melakukan rapat koordinasi dengan dengan pemerintah setempat terkait penanganan dua isu sentral. Stunting dan kemiskinan ekstrem.

    Baca juga:  Jadi Lokasi Upacara HUT Kemerdekaan RI, ASN Pemprov PB Bersih-bersih Stadion Sanggeng

    Menurut Waterpauw, penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem ini diperlukan adanya kolaborasi antara pemerintah provinsi dan kabupaten.

    “Saya pikir prinsipnya apa yang disampaikan, ada kolaborasi diantara kita, kita perlu melakukan pembinaan secara intens dan sosialisasi Pendataan perlu terus dilakukan dengan baik,” ujarnya.

    Gubernur juga meminta adanya pola orang tua asuh dalam penanganan stunting. Waterpauw menyebut ia telah menjadi orang tua asuh bagi 10 anak di kampung Manopi, Kabupaten Teluk Wondama.

    Baca juga:  Hasil Audit Dugaan Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Babo Keluar, Pekan Depan Kejari Tetapkan Tersangka

    “Ini sudah merah perlu penanganan khusus Pola orang tua asuh, tadi saya dengan OPD dari provinsi sudah menjadi orang tua asuh, saya sendiri tadi 10 orang, kuncinya adalah kolaborasi,” katanya.

    Sementara, Bupati Wondama Hendrik Mambor mengatakan, apa yang sudah dilakukan gubernur dengan pola orang tua asuh, harus ditindaklanjuti oleh kabupaten. Pola ini dinilai cukup efektif karena langsung menyentuh pada objek.

    Baca juga:  8 Pelaku Curas Diringkus Polresta Manokwari

    “Tiga bulan kita evaluasi. Kalau belum kita evaluasi lagi. Pak Gubernur sudah mulai untuk orang tua asuh, saya lima anak , pimpinan OPD siap ya. Pimpinan OPD juga harus punya anak asuh,” ujar Mambor. (LP9/Red)

    Latest articles

    Pemkab Teluk Bintuni Salurkan 59 Ekor Sapi Kurban

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni menyerahkan 59 ekor sapi kurban dalam rangka Lebaran Idul Adha 1445 H/2024 M. Penyerahan dilakukan Wakil...

    More like this

    Pemkab Teluk Bintuni Salurkan 59 Ekor Sapi Kurban

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni menyerahkan 59 ekor sapi kurban dalam...

    Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban 1 Ton Bantuan Presiden ke Ponpes Darussalam Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pejabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan sapi Kurban bantuan...

    Hadiri Penamatan SD YPPK Santa Sisilia, Hermus Sampaikan Pentingnya Pendidikan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- SD YPPK Santa Sisilia Manokwari menggelar penamatan bagi siswa kelas VI pada...