27.4 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
27.4 C
Manokwari
More

    Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 di Mansel, Wakil Bupati Bacakan Amanat Kapolri

    Published on

    MANSEL, Linkpapua.com- Wakil Bupati Manokwari Selatan, Wempi Welly Rengkung memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Mansel  2022 di Mapolres, Rabu (27/4/2022).

    Dalam kesempatan itu  Wakil Bupati membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi, Listyo Sigit Prabowo sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Mansel 2022 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1443 H, baik pada aspek personel, maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait.

    Dalam amanatnya Kapolri menyampaikan operasi Ketupat 2022 dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 April sampai dengan 9 Mei 2022 dengan fokus pengamanan Masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api dan bandara.

    “Permasalahan menjelang, pada saat dan pasca idul fitri 1423 H/ tahun 2022 harus diantisipasi dengan bergandengan tangan dan bersinergi dengan seluruh stake holder agar masyarakat khususnya umat muslim dapat melaksanakan ibadah dengan khusuk serta masyarakat yang mudik berjalan lancer, aman dan sehat,” jelas Kapolri.

    Baca juga:  Kapolres Mansel: Hindari Reaksi Negatif Selama Operasi Ketupat

    Kelonggaran yang diberikan pemerintah kepada masyarakat harus disikapi dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan langkah-langkah sebagai berikut melakukan himbauan dan mengawasi kedisiplinan masyarakat agar taat 3M, mendorong pengelola tempat wisata untuk memastikan aplikasi peduli lindungi terpasang, melaksanakan pengamanan ibadah di masjid atau lapangan, mengawasi persyaratan perjalanan mudik, melakukan testing, tracing, dan treatment terhadap kasus yang terkonfirmasi covid 19 bersama satgas, melaksanakan random check swab antigen terhadap pelaku perjalan, melakukan percepatan vaksinasi dan melakukan manajemen rekayasa lalu lintas.

    Diakhir amanat Kapolri menekankan  pelaksanaan operasi ketupat 2022 diantaranya jaga stamina dan kesehatan, lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang, laksanakan pengamanan secara professional dan humanis, gelar kekuatan polri pada pos-pos pengamanan, lakukan kerja sama dengan satgas covid 19, dorong tempat wisata, pusat perbelanjaan untuk menerapkan aplikasi peduli lindungi, satgas pangan harus menjamin ketersediaan bahan-bahan pokok dan pengendalian harga dan terakhir mantapkan kerja sama, sinergi, dan solidaritas pada pihak terlibat.

    Baca juga:  Legislator PB Musa Dowansiba Soroti Tambang Emas Ilegal di Manokwari: Bencana Besar Mengintai Kita

    Wakil bupati juga mengimbau dalam pelaksanaan operasi ketupat ini selalu berkoordinasi dengan satgas Covid-19 untuk bersama-sama mengawasi masyarakat serta pelaku-pelaku usaha.

    Termasuk pula kawasan wisata agar tidak terjadi kerumunan yang berlebihan, dengan harapan bahwa suasana libur lebaran kali ini tidak menimbulkan klaster baru dikemudian hari.

    Baca juga:  Hari Kedua 'Vaksin Sejuta Booster' di Mansel, 122 Warga Terlayani

    Pada kesempatan ini, Wakil Bupati Wempi Rengkung memberi semangat kepada para personel TNI dan Polri dalam menjalankan tugasnya.

    Menurut Wabup Wempi meyakini, kerjasama yang baik akan menghasilkan tugas pengamanan dengan baik pula.

    “Harapan kita agar masyarakat Manokwari Selatan juga memberikan dukungan dengan selalu taat kepada arahan petugas di lapangan,” kata Wabup.

    Pada kesempatan itu, Wabup Wempi juga mendapat amanat untuk menyematkan pita kepada pasukan pengamanan.

    Penyematan pita ini sebagai tanda dimulainya operasi ketupat 2022 di Manokwari Selatan. Penyematan dilakukan kepada perwakilan anggota dari TNI dan Polri.

    Gelar pasukan ini melibatkan personel Polres Mansel dan Kodim 1808/Mansel. Hadir dalam Apel gelar Pasukan Kapolres Mansel,  AKBP Tolopan Simanjuntak dan Dandim 1808/Mansel, Letkol Inf. Bobby Marsusitaning. (LP6/red)

    Latest articles

    PFM Ingatkan Pj Gubernur Alokasikan Anggaran Memadai untuk MRPBD

    0
    SORONG, Linkpapua.com- Mananwir Paul Finsen Mayor (PFM) mengingatkan Pj Gubernur Papua Barat Daya agar memperhatikan keuangan MRPBD. Sebab posisi MRPBD hari ini sangat strategis...

    More like this

    PFM Ingatkan Pj Gubernur Alokasikan Anggaran Memadai untuk MRPBD

    SORONG, Linkpapua.com- Mananwir Paul Finsen Mayor (PFM) mengingatkan Pj Gubernur Papua Barat Daya agar...

    Jalin Kekompakan Antar Anggota, Polres Teluk Bintuni Gelar Berbagai Lomba 

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni menggelar berbagai lomba antar anggota kepolisian. Lomba dipusatkan di...

    Persiapan Pilkada Serentak 2024, KPU Manokwari Mulai Perekrutan Penyelenggara Ad hoc

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari dalam kesiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak...