27.5 C
Manokwari
Senin, Mei 27, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Alhamdulillah! Rombongan Jemaah Haji Papua Barat Tiba di Tanah Air

    Published on

    MAKASSAR, LinkPapua.com – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Papua Barat, Luksen Jems Mayor, menyambut kedatangan rombongan jemaah haji asal Papua Barat yang baru saja tiba dari tanah suci melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Rabu (19/7/2023) dini hari pukul 02.56 Wita.

    “Semoga Bapak-Ibu dan Saudara sekalian mendapat haji yang mabrur dan mabrurah,” ujar Jems Mayor di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar, usai menerima penyerahan kelompok terbang (kloter) 19 dari Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar, Ali Yafid.

    Jems Mayor mengungkapkan dua jemaah asal Papua Barat, yaitu Rais Tuharea dari Kabupaten Manokwari dan Junude Tani Laha dari Kabupaten Fakfak, meninggal dunia di tanah suci. Selain itu, satu orang lagi, Dahlan Hasan Jamil, tengah dirawat di RSAS Al Ahli Makkah.

    Baca juga:  Relawan Ganjarist Papua Barat Deklarasi Dukungan

    “Semoga diterima di şisi Allah subhanahu wa ta’ala serta wafat dalam keadaan husnulkhatimah dan keluarga yang ditinggalkan kiranya tetap sabar, tabah, dan tawakal atas musibah yang terjadi,” ucapnya.

    Jems Mayor menyampaikan pengalaman selama melaksanakan ibadah haji haruslah direnungkan dan dijadikan pelajaran berharga bagi seluruh jemaah ketika kembali ke tanah air.

    Baca juga:  Pangdam Kasuari Puji Pencapaian TNI di Papua Barat Selama 2021

    Ia menghargai pengorbanan besar yang telah dilakukan para jemaah untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima ini, bukan hanya dalam bentuk waktu, biaya, dan tenaga, tetapi juga dalam predikat gelar sebagai haji yang harus mampu memberikan contoh dan keteladanan dalam kehidupan bermasyarakat di lingkungan masing-masing.

    Jems Mayor berharap jemaah haji Papua Barat senantiasa mengedepankan sikap dan perilaku yang mencerminkan seorang haji yang mabrur.

    “Ini tentu merupakan tantangan bagi jemaah agar senantiasa meningkatkan amal perbuatan yang baik, terutama dalam kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang masih berada di bawah garis kemiskinan serta mengamalkan ajaran dan nilai-nilai agama Islam,” pesannya.

    Baca juga:  Bikin Bangga! Dua Pelajar Papua Barat Raih Medali Perunggu KSM Tingkat Nasional

    Sebagai informasi, kloter 19 UPG asal Papua Barat ini terdiri atas jemaah haji yang berasal dari Kabupaten Manokwari, Teluk Bintuni, Kaimana, Fakfak, Teluk Wondama, Sorong Selatan, dan Raja Ampat.

    Pada 5 Juni 2023 lalu, sebanyak 393 orang jemaah beserta 5 petugas kloter tiba di Asrama Haji Sudiang Makassar. Namun, satu orang jemaah asal Manokwari, Suryani Al Gazali Sampara, tidak dapat berangkat karena dinyatakan positif hamil dengan usia kandungan lima pekan. (*/Red)

    Latest articles

    Paulinus Kora Paparkan Visi dan Misi sebagai Bacabup Sorsel di DPP...

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Paulinus Kora, yang dikenal dengan panggilan Kaka Paulinus Kora (KPK), memaparkan visi dan misinya sebagai bakal calon bupati (bacabup) Sorong Selatan...

    More like this

    Paulinus Kora Paparkan Visi dan Misi sebagai Bacabup Sorsel di DPP PKB

    JAKARTA, LinkPapua.com - Paulinus Kora, yang dikenal dengan panggilan Kaka Paulinus Kora (KPK), memaparkan...

    Tersangka Korupsi Dinas Perumahan Papua Barat Ditangkap Tim Tabur di Bantaeng  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat berhasil menangkap tersangka DAW,...

    Pekan Imunisasi Polio 2024, Papua Barat Targetkan 85.718 Anak

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat, Siti Mardiana Temongmere, menghadiri...