28.8 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
28.8 C
Manokwari
More

    Ada Gunung Botak, Mansel Punya Destinasi Pariwisata Menjanjikan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) memiliki potensi pariwisata cukup menjanjikan. Salah satu destinasi yang memungkinkan untuk dikembangkan adalah Gunung Botak.

    Gunung Botak berada di jalur Trans Papua yang menjadi penghubung tiga kabupaten. Selain Gunung Botak, Mansel juga masih memiliki sederet spot yang berpeluang dieksplorasi.

    Prospek pengembangan pariwisata Mansel menjadi poin bahasan dalam seminar dan lokakarya sehari di SwissBell Hotel Manokwari. Seminar mengetengahkan kajian tentang pengembangan ekowisata Kabupaten Manokwari Selatan dalam perspektif ekonomi kerakyatan.

    Baca juga:  3 Penambang yang Hilang di Kali Wasirawi Belum Ditemukan, Basarnas Lanjutkan Pencarian

    “Ekowisata pada prinsipnya harus merujuk pada ekonomi sosial. Artinya, program pariwisata harus hadir untuk membangkitkan ekonomi marginal,” jelas
    Nikson Saiba, dalam pemaparannya.

    Selain itu, kata Nikson, sektor pariwisata harus menjadi kegiatan yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam. Termasuk di dalamnya aspek pemberdayaan sosial budaya, yang mengarah pada pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal.

    Dari seminar kata Nikson, ke depan akan ditemukan format edukasi yang benar bagaimana mengembangkan pariwisata yang memenuhi semua aspek. Tal sekadar bertumpu untuk pengembangan ekonomi rakyat, tapi juga pariwisata yang ramah lingkungan.

    Baca juga:  Sedih Lihat Kondisi Gedung DPRD Manokwari, Ketua Komisi C Dukung Renovasi

    “Pariwisata yang ramah lingkungan ini dapat menjadi alternatif wisata yang diinginkan masyarakat,” katanya.

    Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Papua Barat Ruland Sarwom mengatakan, Provinsi Papua Barat telah dicanangkan sebagai provinsi konservasi sejak tahun 2015. Salah satu isi dalam program ini adalah upaya pengembangan dan eksplorasi pariwisata di daerah.

    Baca juga:  Kasihiw ke Waterpauw: Selamat Datang di Tanah Leluhur

    Di mana, kata dia, pengembangan itu berbasis pada upaya pelestarian alam.

    “Karena itu penting untuk kita membangun pariwisata di Papua Barat dengan memadukan budaya serta menjaga kelestarian alam sebagaimana konsep dan gagasan provinsi konservasi yang telah dicanangkan,” paparnya.

    Untuk Mansel, kata Ruland, pemprov menaruh harapan besar agar segera dijajaki pengembangannya. Mansel memiliki prospek masa depan yang bisa mendorong kebangkitan ekonomi daerah. (LP2/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten...

    BP Target 2029 Presentase Tenaga Kerja Lokal Capai 85%

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam pelaksanaan IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD Tangerang, Kathy...