28.7 C
Manokwari
Senin, Mei 20, 2024
28.7 C
Manokwari
More

    HUT Proklamasi di Papua Barat digelar Sederhana

    Published on

    Manokwari-Upacara hari ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Provinsi Papua Barat digelar secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

    Tak seperti tahun-tahun sebelumya, peserta upacara yang digelar di lapangan apel Kantor Gubernur Papua Barat di Manokwari itu hanya diikuti oleh tak lebih dari 100 orang. Masing-masing perwakilan anggota TNI dan Polri, Korpri, Basarnas, Komite Nasional Pemuda Indonesia dan pelajar SMA.

    Baca juga:  LDII Ajak Lawan Krisis Plastik dan Budaya Hidup Bersih Dalam Peringatan Hari Bumi

    Begitu pula pasukan pengibar bendera pusaka atau Paskibraka, hanya dilakukan oleh tiga orang. Satu orang pemegang baki bendera dan dua lainya penggerek tali bendera.

    Meskipun demikian seluruh pimpinan daerah yang tergabung dalam forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) hadir pada udara tersebut.

    Upacara HUT Proklamasi ditengah pandemi virus corona ini juga digelar secara singkat. Diawali dengan detik-detik proklamasi pembacaan teks proklamasi, doa, pengibaran bendera merah putih. Lalu upacara ditutup, tanpa pembacaan amanat komandan upacara.

    Baca juga:  Arifin Harap Mama-Mama Penjual Pinang Nikmati Dana Stimulus Dari Pusat

    “Beda karena kita masih dalam situasi COVID-19. Tidak seperti biasanya, tadi gubernur pun tidak menyerahkan bendera tapi mereka (Paskibra) sudah pegang dan langsung dibawa ke tiang untuk dikibarkan,” ucap gubernur.

    Baca juga:  Masyarakat Pegaf Minta Pembangunan Jalan Penghubung Antarkampung

    Mandacan mengutarakan, anggota Paskibra yang dikukuhkan tahun ini hanya enam orang. Tiga orang bertugas untuk upacara pengibaran dan tiga sisanya pada upacara penurunan bendera.

    “Tahun ini juga tidak ada lomba-lomba seperti sebelumnya. Kondisi seperti ini jadi kita laksanakan dengan mempertimbangkan faktor kesehatan,” kata Dominggus lagi.(LPB1/Red)

    Latest articles

    Polda Papua Barat Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kepolisian Daerah Papua Barat Barat menggelar kegiatan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke -116 tahun 2024, yang bertempat di lapangan Apel Polda Papua...

    More like this

    Polda Papua Barat Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kepolisian Daerah Papua Barat Barat menggelar kegiatan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke...

    Mendagri: Libatkan PWI Perkuat Legitimasi Hasil Pilkada Serentak 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Papua Barat menyambut baik surat edaran Menteri Dalam...

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...