26.6 C
Manokwari
Jumat, Mei 3, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    APBD Manokwari 2021 Ditetapkan Tanpa Sebut Nilai

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapuabarat.con – Rancangan APBD Manokwari tahun 2021 akhirnya ditetapkan dalam rapat paripurna, Rabu (24/2/2021). Hanya saja penetapan kali ini sedikit berbeda karena tidak disebutkan nilai APBD yang disahkan.

    Dalam penetapan tidak dibacakan secara terbuka jumlah pendapatan, belanja maupun sumber-sumber pendapatan daerah yang sah lainnya. Kaki ini rapat dihadiri seluruh unsur pimpinan Dewan.

    Plh Bupati Manokwari Mersiyana Djalimun mengatakan, sejumlah catatan dari DPRD akan menjadi perhatian pihaknya untuk dilakukan perbaikan. Djalimun tak merinci alasan tidak disebutkannya nilai APBD 2021.

    Baca juga:  Berbagi di Bulan Ramadan, Fans Real Madrid Sebar Takjil di Simpang H. Bauw

    “Melalui mekanisme konsultasi dan konfirmasi antara pemda dan DPRD dalam pembahasan materi berlangsung dalam suasana demokrasi untuk kepentingan daerah. Waktu pembahasan APBD terbatas tetapi dilakukan dengan cermat sehingga dapat memberi saran dan rekomendasi,” ungkapnya.

    Dengan tidak dibacakan nilai penetapan RAPBD 2021, Djalimun usai sidang mengaku secara garis besar nilai APBD yang ditetapkan mencapai Rp 1,2 triliun.

    Baca juga:  DLH verifikasi teknis pengolahan limbah di Hadi Supermarket

    “Nantinya setelah penetapan ini akan dievaluasi oleh pemerintah provinsi untuk penjabarannya. Lebih detailnya langsung saja ke BPKAD,” jawab Djalimun.

    Sementara itu, Kepala BPKAD Manokwari Ensemy Mosso secara singkat menyampaikan bahwa pendapatan mencapai Rp 1,2 triliun. Hal yang sama juga pada belanja daerah. Ia juga tak merinci nilai belanja dan defisit.

    “Pendapatan Rp 1,2 triliun. Belanjanya juga sama,” jawabnya singkat.

    Baca juga:  Bertemu Bupati Hermus, Manajemen MCM Sampaikan Aturan Penggunaan Masker

    Terpisah, Ketua DPRD Manokwari Yustus Dowansiba mengatakan seharusnya besarnya anggaran yang ditetapkan dapat disampaikan dalam rapat paripurna. Agar bisa dilihat lebih rinci gambaran APBD.

    “Memang seharusnya disampaikan besarnya anggaran tetapi tidak disampaikan. Untuk lebih jelasnya tanyakan langsung ke pemda karena itu kewenangan mereka. Kita berharap agar pemda merealisasikan program dengan baik,” ungkap Yustus. (LPB3/red)

    Latest articles

    Hermus Indou Daftar di NasDem: Kita Ingin Koalisi Lanjut

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Setelah mendaftar di PAN, Kamis (2/5/2024) Sore Hermus Indou mendatangi DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) untuk mendaftarkan diri dalam menghadapi pilkada November...

    More like this

    Hermus Indou Daftar di NasDem: Kita Ingin Koalisi Lanjut

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Setelah mendaftar di PAN, Kamis (2/5/2024) Sore Hermus Indou mendatangi DPD Partai...

    Jelang Pilkada, Hanura Manokwari Bakal Buka Penjaringan Kepala Daerah

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Manokwari akan membuka...

    Hadiri Halal Bi Halal KKSM, Hermus Dinobatkan jadi Warga Kehormatan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou menghadiri halal bi halal Kerukunan Keluarga Surabaya Manokwari...