28.2 C
Manokwari
Rabu, Mei 8, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    Hari Bakti Rimbawan, Ali Baham: Saatnya Jaga Hutan untuk Kehidupan  

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengatakan Hari Bakti Rimbawan bukan sekadar seremoni tahunan, tapi sebuah momentum bagi seluruh elemen bangsa. Hari Bakti Rimbawan adalah wujud vitalnya peran hutan dalam keberlangsungan hidup manusia.

    Hal ini disampaikan Ali Baham saat memimpin upacara Hari Bakti Rimbawan ke-41 di Kantor Gubernur Papua Barat, Senin (18/3/2024).

    Ali Baham mengajak seluruh insan Rimbawan menyepakati definisi Rimbawan bukan hanya orang-orang yang bekerja di sektor kehutanan semata. Melainkan semua yang menggantungkan hidupnya pada rimba.

    Baca juga:  Besok, Dance Sangkek Dilantik Jadi Penjabat Sekda Papua Barat

    “Mari kita sepakati bahwa definisi rimbawan adalah orang-orang yang berada di rimba, yang menjaga hutan, bukan hanya yang bekerja di sektor kehutanan, dalam arti luas semua orang yang menggantungkan hidupnya kepada hutan. Karena itu mari jaga hutan sebagai bagian dari hidup kita,” katanya.

    Menurutnya, manusia dan alam tidak dapat dipisahkan. Oleh sebab itu, Ali Baham menuturkan dalam rangka menyusun rancangan pembangunan jangka panjang 20 tahun Papua Barat 2025-2045.

    Baca juga:  Panitia Kongres PWI XXV 2023 Sampaikan Apresiasi kepada Sponsor dan Mitra

    “Hari ini kita sedang menyusun atau menyelesaikan RPJP 20 tahun itu,” ujarnya.

    Lebih lanjut ia menjelaskan rencana pembangunan jangka panjang sangat tergantung pada ruang di mana manusia tinggal. Dan ruang itu adalah Provinsi Papua Barat yang di dalamnya ada tujuh kabupaten.

    “Regulasi Papua Barat telah mengatur tentang tutupan hutan Papua Barat kurang lebih 70 persen. Itu artinya Papua Barat penyumbang karbon, dan pangan untuk Papua Barat, Indonesia, dan Dunia. Sementara itu, karena kita daerah konservasi, jadi laut itu harus dijaga 50 persen,” jelasnya.

    Baca juga:  Pangdam XVIII/Kasuari Ajak Masyarakat Papua Barat Jaga Kondusivitas Jelang Pemilu 2024

    Sehingga Ali Baham berharap sehubungan dengan hal itu maka evaluasi, monitoring, pengawasan terhadap hutan dan laut untuk Papua Barat harus benar-benar dengan mekanisme yang intensif.(LP12/Red)

    Latest articles

    Imam Syafi’i Lanjutkan Mendaftar di PKS dan Perindo Manokwari Selatan

    0
    MANOKWARI SELATAN, Linkpapua.com-Imam Syafi'i terus bergerak ke sejumlah sekretariat partai politik, untuk mendaftarkan sebagai Bakal Calon Bupati Kabupaten Manokwari Selatan, periode 2024-2029. Beranjak dari Partai...

    More like this

    Imam Syafi’i Lanjutkan Mendaftar di PKS dan Perindo Manokwari Selatan

    MANOKWARI SELATAN, Linkpapua.com-Imam Syafi'i terus bergerak ke sejumlah sekretariat partai politik, untuk mendaftarkan sebagai...

    Frengki Mandacan Kandidat Pertama Serahkan Berkas Pendaftaran di Perindo Mansel

    MANSEL, LinkPapua.com- Frengki Mandacan menyerahkan berkas pendaftaran di Partai Perindo Manokwari Selatan (Mansel) untuk...

    STIKIP Muhammadiyah Manokwari Buka Pendaftaran Maba Gelombang Kedua

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Muhammadiyah Manokwari membuka penerimaan...