28.6 C
Manokwari
Jumat, Mei 17, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Bawaslu Sorsel Putuskan PSU Hanya untuk DPD RI, DAP Lontarkan Kecaman

    Published on

    SORONG, linkpapua.com– Dewan Adat Papua (DAP) Wilayah III Doberay Daerah Sorong Selatan mengecam keputusan Bawaslu yang hanya merekomendasikan pemungutan suara ulang (PSU) untuk DPD RI. DAP menilai, PSU seharusnya juga dilakukan untuk DPRD dan DPR provinsi.

    “DPRP dan DPRD juga mengalami hal yang serupa. Oleh sebab itu PSU juga harus dilakukan untuk DPRP dan DPRD,” ujar Ronal Konjol, salah satu Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay Daerah Sorong Selatan, Sabtu (17/2/2024).

    Baca juga:  Verfak, PAC Hanura Manokwari Tidak Capai 100 Persen

    Ronal mengatakan, keputusan Bawaslu berpotensi menimbulkan konflik di masyarakat. Terutama karena keputusan itu dianggap sepihak dan merugikan suara masyarakat OAP.

    “Sekali lagi saya ingatkan untuk Bawaslu agar melakukan tugas dan fungsinya dengan baik agar tidak ada konflik yang terjadi kepada masyarakat Sorsel. Oleh sebabnya kami mempertanyakan beberapa TPS yang mengalami kecurangan yang dilakukan oleh beberapa caleg dari partai tertentu dan sesuai informasi yang masyarakat lapor ada 12 TPS di Dapil 1 Sorong Selatan khusus nya DPRD, DPRP dan DPD RI,” terangnya.

    Baca juga:  Bawaslu Manokwari Ingatkan Caleg DPRK Patuhi Jadwal Kampanye

    Ronal juga menyampaikan Bawaslu harus melakukan kroscek secara riil agar melihat betul kondisi di lapangan. Sebab menurut Ronal, Bawaslu tidak memahami persoalan tetapi langsung memutuskan tanpa investigasi.

    “KPU Sorsel sebagai penyelenggara dan Bawaslu sebagai pengawasan agar mengendapkan asas keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebab jika tidak, ini bisa jadi benih-benih konflik,” imbuh Ronal.

    Baca juga:  Fraksi Otsus Minta Masyarakat Papua Barat Dukung PJ Gubernur

    DAP mengingatkan, jika tuntutan mereka tak diindahkan Bawaslu, mereka akan menurunkan massa untuk melakukan aksi demonstrasi. DAP akan mendesak Bawaslu untuk melakukan PSU di semua tingkatan pemilihan, baik DPRD maupun DPRP,

    “Kami mengantongi beberapa bukti,” tandas Ronal Konjol. (LP10/red)

    Latest articles

    Pawai Taaruf Meriahkan MTQ X Teluk Bintuni 2024

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Plt Sekda Kabupaten Teluk Bintuni, Frans N. Awak, melepas pawai taaruf dalam rangka memeriahkan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) X...

    More like this

    Pawai Taaruf Meriahkan MTQ X Teluk Bintuni 2024

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Plt Sekda Kabupaten Teluk Bintuni, Frans N. Awak, melepas pawai...

    Bawaslu RI Konsolidasi Media Penguatan Pemberitaan Pilkada Serentak 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar konsolidasi media dalam rangka penguatan...

    Pasca Autopsi, Penyebab Meninggalnya Yahya Mulai Terkuak

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Misteri penyebab meninggalnya Yahya Sayori yang ditemukan meninggal dunia di hutan Anggori...