28.2 C
Manokwari
Rabu, Mei 8, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    Jelang Nataru, Bupati Manokwari: Komoditas Penyumbang Inflasi Mesti Jadi Perhatian

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Menjelang momentum natal 2022 dan tahun baru 2023 (nataru), Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Manokwari menggelar rapat pekanan, Kamis (10/11/2022), di Sasana Karya Kantor Bupati Manokwari.

    Rapat dihadiri Bupati Manokwari, Hermus Indou, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Manokwari, Henri Sembiring, dan Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Manokwari, Harjanto Ombesapu, dan dihadiri pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari, Badan Pusat Statistik (BPS) Manokwari, dan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua Barat.

    Baca juga:  Kantor Bupati dan DPRK Mansel Akan Diresmikan Bersamaan Oktober 2024

    Rapat TPID ini membahas penanganan inflasi Manokwari November 2022.

    Hermus saat membuka rapat mengatakan, beberapa komoditas penyumbang inflasi di daerah ini harus menjadi perhatian khusus oleh TPID.

    “Komoditas makanan, terutama ikan, yang berkontribusi terhadap Inflasi di Manokwari harus menjadi perhatian pemerintah daerah bersama TPID,” tuturnya.

    Oleh sebab itu, kata Hermus, para nelayan harus diintervensi agar dapat mengimbangi permintaan ikan di Manokwari yang cukup tinggi.

    Baca juga:  Tanda Tangan Diduga Dipalsukan, Bunda PAUD Teluk Bintuni Minta Telusuri

    Selain itu, juga jadi perhatian adalah permintaan cabai. Apalagi pada momen perayaan keagamaan permintaan cukup tinggi. Komoditas ini juga salah satu komoditas penyumbang inflasi.

    Begitupun dengan tiket pesawat yang berpengaruh besar terhadap inflasi. Sejumlah penerbangan atau maskapai di Manokwari terbatas karena faktor bandara yang belum memadai menampung jumlah maskapai.

    “Perlu kebijakan khusus untuk mengantisipasi kenaikan harga tiket sehingga pemda (pemerintah daerah) berupaya meningkatkan kapasitas bandara dengan perpanjangan landasan pacu secara bertahap,” bebernya.

    Baca juga:  Hermus Harap Kosgoro Makin Berkontribusi untuk Kemajuan Manokwari

    Hermus ingin pada rapat ini dapat memastikan langkah-langkah strategis dalam menekan laju inflasi.

    Dia mengharapkan, menjelang hari besar keagamaan natal dan tahun baru, kebutuhan pangan dapat dipastikan. Begitupun kestabilan baik harga maupun ketersediaan pasokan.

    “Penanganan masalah harus detail, yang terintegrasi antar perangkat daerah dan instansi lain,” tuturnya. (LP2/Red)

    Latest articles

    Imam Syafi’i Lanjutkan Mendaftar di PKS dan Perindo Manokwari Selatan

    0
    MANOKWARI SELATAN, Linkpapua.com-Imam Syafi'i terus bergerak ke sejumlah sekretariat partai politik, untuk mendaftarkan sebagai Bakal Calon Bupati Kabupaten Manokwari Selatan, periode 2024-2029. Beranjak dari Partai...

    More like this

    STIKIP Muhammadiyah Manokwari Buka Pendaftaran Maba Gelombang Kedua

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Muhammadiyah Manokwari membuka penerimaan...

    Daftar di Hanura, Hermus: Kita Harap tak ke Lain Hati

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Manokwari mulai membuka pendaftaran penjaringan calon...

    Syahruddin Makki Layak jadi Cawabup Manokwari: Berdedikasi di Dunia Usaha dan Politik

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Ketua DPW PPP Papua Barat Syahruddin Makki digadang sebagai bakal calon Wakil...