27.2 C
Manokwari
Senin, April 29, 2024
27.2 C
Manokwari
More

    Ada Unsur Kelalaian, Polisi Usut Dokumen KM Penjuru Bintang

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penyidik Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Manokwari mengusut adanya unsur kelalaian dalam insiden hilangnya KM Penjuru Bintang di perairan Manokwari-Numfor. KM Penjuru Bintang diduga tak mengantongi dokumen surat persetujuan berlayar.

    Kapolres Manokwari AKBP Parasian Herman Gultom mengatakan, setelah pemeriksaan terhadap pemilik kapal motor tersebut, ditemukan adanya indikasi kelengkapan surat persetujuan berlayar tidak terpenuhi. Jika unsur tersebut dipenuhi maka kemungkinan terjadinya musibah di laut sangat kecil.

    Baca juga:  Kampanye di Dapil 1 Ransiki, Hengky Saiba: NasDem Hadir untuk Perubahan

    Atas indikasi tersebut kata Gultom, maka polisi meningkatkan status kasusnya ke tahap penyidikan. Sejumlah saksi telah diperiksa.

    “Sebab kalau SPT itu keluar maka bukti dokumen dan fisik itu harus terpenuhi. Jika itu terpenuhi maka kejadian kecelakaan kemarin tidak terjadi,” beber Gultom, Selasa (01/11/2022).

    Baca juga:  Wonggor Sebut Pengesahan Perdasus-Perdasi Jadi Prioritas di Awal 2022

    Selain pemilik kapal berinisial MT yang telah diperiksa, 4 orang saksi juga turut diperiksa masing-masing berinisial LMB, YB, TBR dan S.

    “Kita sudah periksa 5 saksi dan lakukan gelar perkara. Dari hasil gelar perkara ditemukan adanya unsur kelalaian. Setiap pelayaran setiap kapal harus dilengkapi dengan surat persetujuan pelayaran yang dikeluarkan oleh Syahbandar atau KSOP dan kapal tersebut tidak dilengkapi,” tambah dia.

    Baca juga:  Terkait Pemukulan Warga, 5 Anggota Polres Manokwari Diperiksa Propam

    Sebelumnya KM Penjuru Bintang mengalami kerusakan mesin pada Selasa 25 Oktober 2022 di sekitar perairan Manokwari menuju Numfor. Kapal yang bermuatan logistik sembako dan material bangunan itu lalu terdampar sejauh 13 mil.

    Kapal baru berhasil ditemukan di perairan menuju Numfor setelah hilang hampir 20 jam. Kapal akhirnya ditarik kembali ke Manokwari.(LP3/Red)

    Latest articles

    Hibahkan Lahan ke Lapas Manokwari, Bupati Hermus Raih Award Kemenkumham

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indouw, bersama 9 instansi lainnya raih penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly pada upacara peringatan Hari...

    More like this

    Hibahkan Lahan ke Lapas Manokwari, Bupati Hermus Raih Award Kemenkumham

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indouw, bersama 9 instansi lainnya raih penghargaan dari Menteri Hukum...

    NasDem Tunjuk Dominggus Mandacan Calon Tunggal di Pilgub Papua Barat

    MANOKWARI,linkpapua.com- Partai NasDem menunjuk Dominggus Mandacan sebagai calon tunggal di Pilgub Papua Barat 2024....

    Pemprov PB Launching E-Pace, Pelayanan Publik Kian Mudah dan Terintegrasi

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat me-launching Program E-Pace, Senin (29/4/2024). E-Pace adalah perangkat...