27 C
Manokwari
Minggu, Mei 5, 2024
27 C
Manokwari
More

    Jelang Iduladha, Dinas Peternakan Manokwari Terjunkan Tim Pemeriksa Hewan Kurban

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Dinas Peternakan dan Pertanian Kabupaten Manokwari menurunkan tim pemeriksa kesehatan hewan kurban jelang Lebaran Iduladha 1443 H/2022 M. Sebelum hewan kurban disembelih, pemeriksaan kesehatan wajib dilakukan untuk memastikan kesehatan hewan.

    Selain personel Dinas Peternakan dan Pertanian Kabupaten Manokwari, pemeriksa hewan juga melibatkan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari dan Universitas Papua (Unipa).

    Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan dan Pertanian Manokwari, Nixon Karubaba, mengatakan pemeriksaan antemortem dengan melihat kondisi fisik dari mata, hidung, mulut, dan lainnya. Ini untuk memastikan hewan ternak dalam keadaan sehat. Apalagi saat ini banyak kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di beberapa provinsi.

    Baca juga:  Sembelih 17 Ekor Sapi, Masjid At-Taqwa Teluk Bintuni Bagikan 920 Kupon Daging Kurban

    “Pemeriksaan antemortem akan dilakukan sehari sebelum pemotongan. Karena keterbatasan petugas di Dinas Peternakan dan Pertanian Manokwari, maka kami menggandeng Jurusan Peternakan Polbangtan Manokwari dan Fakultas Peternakan Unipa untuk melakukan pengawasan hewan kurban di Manokwari,” kata Nixon, Kamis (7/7/2022).

    Baca juga:  Pekan Depan, Warga Terdampak Pengembangan Bandara Rendani Mulai Didata

    Sebelum diturunkan ke lapangan, para petugas mendapat pembekalan mengenai proses pemeriksaan hewan kurban. Mulai dari kesehatan hewan hingga pemeriksaan cacing yang biasa berada di hati dan lambung hewan.

    “Pemeriksaan ini kami lakukan untuk memastikan daging yang dihasilkan nantinya sehat dan halal,” ungkapnya.

    Baca juga:  Rakor Tim PORA, Kakanim Manokwari Tegaskan Hanya Orang Asing Bermanfaat Bisa Masuk

    Mengenai jumlah hewan kurban yang akan dipotong pada tahun ini, Nixon mengaku belum mendapatkan laporan dari PHBI Manokwari. Namun, pada tahun lalu ada sekitar 88 titik pemotongan hewan kurban.

    “Biasanya kita turunkan tiga sampai empat personel di satu titik pemotongan,” ucapnya. (LP9/Red)

    Latest articles

    Sosialisasi B2SA di Fakfak, Pj Ketua PKK Papua Barat Tekankan Pola...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat menggelar sosialisasi B2SA bertajuk Goes To School di Kabupaten Fakfak, Sabtu (4/5/2024). Kegiatan ini digelar sebagai...

    More like this

    Rawat Keberagaman, KB-TK Kemala Bhayangkara 06 Manokwari Gelar Halal bi Halal 

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Keluarga besar Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak (KB-TK) Kemala Bhayangkari 06...

    KPU Manokwari Bersama Forkopimda Bahas Kesiapan Pilkada Serentak 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari menggelar Rapat Koordinasi (Rakor)tahapan pemilihan kepala daerah...

    Ikaswara Sodorkan 2 Figur Dampingi Hermus Indou di Pilkada 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Jelang konstalasi politik pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 27 November 2024, Ikatan...