26.2 C
Manokwari
Rabu, Mei 8, 2024
26.2 C
Manokwari
More

    Legislator Papua Barat Desak Dinas Pendidikan Awasi Dugaan Pungli PPDB

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Anggota DPR Papua Barat, Syamsudin Seknun, mengkritisi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023. Dia mendapat laporan masih adanya pungutan liar selama PPDB.

    “Dalam penerimaan siswa baru kami mendapat keluhan dari orang tua siswa bahwa di sebagian besar wilayah terjadi pungutan kepada siswa yang seharusnya tidak dilakukan. Apalagi itu dilakukan pada sekolah-sekolah negeri. Kondisi itu sangat ironis sekali masih terjadi lagi, “ujar Seknun, Senin (4/7/2022).

    Baca juga:  DPR Papua Barat Sudah Hasilkan 23 Produk Hukum Sepanjang 2021

    Dikatakannya, DPR Papua Barat dan Pemprov Papua Barat sudah berjuang agar dalam Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus) sudah mengamanatkan pendidikan di tanah Papua gratis dari tingkat SD hingga perguruan tinggi, khususnya bagi orang asli Papua (OAP).

    “Dengan masih adanya keluhan dari masyarakat berkaitan ini tentu sangat disayangkan. Untuk itu Dinas Pendidikan harus melihat persoalan ini. Jangan sampai karena ada beban biaya pendidikan menyebabkan anak-anak Papua. Pihak sekolah juga harus rasional dalam menghitung biaya masuk sekolah. Jika ada alasan karena tidak dianggarkan, maka sejak awal harus ada perencanaan dan memberikan penjelasan ke orang tua dasar pungutan ke siswa itu apa. Dinas perlu turun melakukan sidak ke sekolah-sekolah,” bebernya.

    Baca juga:  Tren Ekonomi Papua Barat Membaik, RAPBD 2022 Dipatok Rp6,3 Triliun

    Baginya, kondisi ini menyebabkan pandangan pelaksanaan Otsus tidak berjalan. Sebab, seharusnya kebijakan berpihak pada OAP.  Meskipun belum ada regulasi berupa Perdasus maupun Perdasi, baginya Peraturan Pemerintah (PP) sebagai tindak lanjut dari UU Otsus sudah mengatur itu. (LP3/Red)

    Latest articles

    STIKIP Muhammadiyah Manokwari Buka Pendaftaran Maba Gelombang Kedua

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Muhammadiyah Manokwari membuka penerimaan mahasiswa baru (maba) untuk TA 2024/2025. Kampus akan membuka dua...

    More like this

    Dominggus Daftar di Perindo Maju Pilgub PB, Singgung Lawan Kotak Kosong

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Dominggus Mandacan mengantarkan berkas pendaftarannya ke DPW Partai Perindo Papua Barat...

    Sosialisasi Pencaker, Disnakertrans Papua Barat Tunggu Persetujuan Pj Gubernur 

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kependudukan Transmigrasi dan Tenaga Kerja Pemerintah Provinsi Papua Barat Derek...

    Tuntut Pembayaran Gaji, Honorer Palang Gedung DPR Papua Barat

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Puluhan tenaga honorer berunjuk rasa di Gedung DPR Papua Barat, Senin...