26.4 C
Manokwari
Selasa, Mei 7, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Operasi Ketupat Mansinam: Peta Titik Rawan, Manokwari-Sorong Jadi Perhatian

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Mansinam, Rabu (27/4/2022) di Mapolda Papua Barat. Kapolda mengingatkan seluruh personel agar fokus menjaga objek vital.

    “Sejumlah objek menjadi perhatian dalam Operasi Ketupat. Yaitu bandara, pelabuhan, terminal, masjid, tempat wisata dan tempat-tempat keramaian lainnya,” terang Tornagogo saat membacakan amanat Kapolri.

    Menurut Tornagogo, berbeda dengan tahun lalu, tahun ini pemerintah memberi pelonggaran dengan membolehkan berkumpul bersama. Tidak ada penyekatan karena mudik sudah diperbolehkan.

    Baca juga:  DPR PB Tegaskan tidak Ada LKPj Gubernur Masa Jabatan 5 Tahun

    “Meskipun begitu masyarakat harus tetap waspada karena pandemi belum selesai. Harus tetap waspada dengan tingkat mobilitas yang tinggi,” katanya.

    Operasi Ketupat akan berlangsung selama 12 hari, dari 28 April hingga 9 Mei. Yang menjadi fokus pengamanan yaitu tempat-tempat publik yang menjadi pusat keramaian masyarakat.

    Baca juga:  Wakajati PB Beberkan Pemicu Korupsi di Birokrasi: Ada Peluang, Kontrol Lemah

    Di seluruh Indonesia terdapat 144 ribu aparat gabungan dan instansi pemerintah lainnya. Sebelum Operasi Ketupat, telah terlebih dahulu melaksanakan Operasi Cipta Kondisi dengan sasaran penyakit masyarakat, miras, distribusi sembako dan lainnya.

    Dijelaskan Kapolda, untuk wilayah Papua Barat jumlah personel berjumlah 1.200 personel gabungan yang menempati 33 pos pengamanan.

    Baca juga:  Bacaleg di Teluk Bintuni Ungkap Pengalaman Dipenjara karena Bisnis Kosmetik

    “Pengamanan dilakukan melalui cipta kondisi termasuk melibatkan lintas agama. Memang untuk menjadi perhatian adalah wilayah Sorong dan Manokwari. Kita sudah memetakan hal-hal yang menjadi potensi ancaman akan diantisipasi. Yang terpenting sudah adanya kesadaran dari masyarakat,” jelas Sihombing.

    Posko operasional yang ada di Papua Barat terdiri dari 18 pos pengamanan, 8 pos terpadu dan 15 pos pelayanan.(LP3/Red)

    Latest articles

    Sosialisasi Pencaker, Disnakertrans Papua Barat Tunggu Persetujuan Pj Gubernur 

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kependudukan Transmigrasi dan Tenaga Kerja Pemerintah Provinsi Papua Barat Derek Amnpir mengungkapkan perlunya memberikan sosialisasi pelayanan terhadap para pemilik usaha...

    More like this

    Sosialisasi Pencaker, Disnakertrans Papua Barat Tunggu Persetujuan Pj Gubernur 

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kependudukan Transmigrasi dan Tenaga Kerja Pemerintah Provinsi Papua Barat Derek...

    Tuntut Pembayaran Gaji, Honorer Palang Gedung DPR Papua Barat

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Puluhan tenaga honorer berunjuk rasa di Gedung DPR Papua Barat, Senin...

    BPS Catat IKG Papua Barat Tahun 2023 Menurun

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, indeks ketimpangan gender (IKG) pada 2023 di Papua...