27.2 C
Manokwari
Sabtu, Mei 18, 2024
27.2 C
Manokwari
More

    Aksi Massa di Manokwari Tolak Jokowi 3 Periode dan DOB Papua

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com – Puluhan massa yang mengatasnamakan diri Pilar Pemuda Rakyat Papua Barat pada Senin siang (11/4/2022) menggelar aksi demo di traffic light Makalo. Sambil berorasi, massa juga membentangkan spanduk menolak masa jabatan presiden 3 periode.

    Salah satu orator Rusmanudin menyampaikan penundaan pelaksanaan Pemilu yang seharusnya digelar tahun 2024 merupakan tindakan melawan konstitusi.

    Baca juga:  Mahasiswa Protes Rencana PLN Ambil Alih Kantor UPTD PPA Manokwari

    “Aksi yang kami lakukan ini sebagai dukungan terhadap demokrasi yang diraih dengan susah payah. Jangan karena kepentingan orang-orang tertentu sehingga dipaksakan penundaan Pemilu. Jika penundaan Pemilu disampaikan karena alasan Covid, kenapa di tahun 2020 pilkada serentak tetap dilaksanakan,” ujarnya.

    Selain wacana perpanjangan masa tugas presiden, yang juga disuarakan adalah sejumlah kebijakan pemerintah pusat yang tidak pro-rakyat. Di antaranya, naiknya harga BBM, kenaikan harga bapok dan kenaikan PPN.

    Baca juga:  771 ASN Mulai Diperiksa, Polda Papua Barat Dalami Honorer 'Penyusup'

    Yang juga menjadi tuntutan adalah keputusan pemerintah dengan menyutujui adanya Daerah Otonomi Baru (DOB) di tanah Papua. Massa menganggap kehadiran DOB bukan merupakan aspirasi masyarakat. Tapi keinginan elit-elit politik.

    “Adanya kehadiran DOB di tanah Papua hanya demi kepentingan elit politik. Ini yang menjadi pertanyaan dari kita semua. Padahal dari kajian akademisi pemekaran DOB tidak menjadi kebutuhan di daerah,” tutup Ketua Pilar Pemuda Papua Barat Jekson Kappisa.

    Baca juga:  Atlet Dayung Papua Barat Gelar TC Jelang Kualifikasi PON, Asupan Gizi Jadi Tantangan

    Sebelumnya masa berkumpul di depan kampus Unipa dan kantor Kelurahan Manokwari Barat. Aksi tersebut di bawah pengawalan dari Polres Manokwari. (LP3/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten...

    BP Target 2029 Presentase Tenaga Kerja Lokal Capai 85%

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam pelaksanaan IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD Tangerang, Kathy...