29.8 C
Manokwari
Minggu, April 28, 2024
29.8 C
Manokwari
More

    PUPR Papua Barat Klaim Bangun 91 Rumah Layak Huni Untuk OAP Setiap Tahun

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat menegaskan, setiap tahunnya membangun sedikitnya 91 unit perumahan layak huni bagi orang asli Papua (OAP). Perumahan ini tersebar di semua kabupaten dan kota di Papua Barat.

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) provinsi Papua Barat Heri GN Saflembolo mengatakan, sejak 2018 sampai saat ini Papua Barat setiap tahun membangun rumah layak huni bagi OAP. Semua ini adalah bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Minta Seluruh OPD Tingkatkan Penyerapan DAK Fisik

    “Dari tahun 2018 kita sudah bangun sampai sekarang. Setiap kabupaten mendapatkan jatah tujuh unit rumah. Jadi setiap tahun ada 91 unit rumah layak huni untuk OAP yang kita bangun,” jelas Heri kepada wartawan, Senin (28/3/2022) usai apel.

    Baca juga:  Efektif Tangani Banjir dan Infrastruktur, Kinerja Dinas PUPR Papua Barat Diapresiasi

    Menurut Heri, rumah yang dibangun sendiri merupakan tipe 45. Karena keterbatasan anggaran kata dia, sehingga masyarakat yang menerima bantuan disesuaikan dengan rekomendasi dari bupati maupun wali kota.

    “Biasanya kita minta surat rujukan dari bupati bahwa masyarakat tersebut layak menerima bantuan rumah layak huni. Pemerintah juga hanya menyiapkan perumahan tidak melakukan pengadaan lahan,” tuturnya.

    Baca juga:  Dinas PUPR Papua Barat Bangun 144 Fasilitas MCK Atasi Pencemaran Lingkungan

    Dijelaskan Heri, ke depan PUPR juga akan menggulirkan program lain seperti melakukan peningkatan kualitas rumah masyarakat. Program ini diproyeksi juga menyentuh semua kabupaten dan kota secara bertahap.

    Selain pembangunan perumahan layak huni dari provinsi sendiri, ada juga bantuan dari pemerintah pusat. Namun pihaknya belum bisa merinci berapa jumlah rumah yang telah direalisasikan pemerintah pusat. (LP9/Red)

    Latest articles

    PERKARA Gelar Malam Kreativitas di Waisai: Ajang Unjuk Seni-Budaya   

    0
    RAJA AMPAT, Linkpapua.com- Perkumpulan Kreatif Anak Raja Ampat (PERKARA) dan Komunitas Pemuda Kota Waisai, menggelar malam kreativitas di Waisai, Sabtu (27/4/2024). Ajang ini menjadi momen...

    More like this

    PERKARA Gelar Malam Kreativitas di Waisai: Ajang Unjuk Seni-Budaya   

    RAJA AMPAT, Linkpapua.com- Perkumpulan Kreatif Anak Raja Ampat (PERKARA) dan Komunitas Pemuda Kota Waisai,...

    Pantau Kamtibmas, Kapolda Gelar Tatap Muka dengan Masyarakat Maybrat

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Eddizon Isir, S.I.K, M.T.C.P. melaksanakan kunjungan kerja...

    Pasca-Lebaran Harga Kebutuhan Pokok di Manokwari Perlahan Naik

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pasca-Lebaran Idul Fitri harga sejumlah komoditas pangan di Manokwari perlahan merangkak naik....