26.6 C
Manokwari
Rabu, Mei 8, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    DPR Papua Barat: Pemekaran Aspirasi Rakyat, Sudah Seharusnya Diproses

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Ketua DPR Papua Barat Orgenes Wonggor menanggapi aksi penolakan sekelompok mahasiswa terhadap pemekaran daerah otonomi baru (DOB) di Papua Barat. Wonggor menyatakan pemekaran adalah aspirasi yang harus didengarkan.

    “Pemekaran ini menjadi aspirasi masyarakat sehingga sudah seharusnya kita proses sesuai dengan mekanisme. Urusan mau terealisasi atau tidak itu menjadi kewenangan pemerintah pusat,” ujar Wonggor, Kamis (3/2/2022) di kantor DPR Papua Barat.

    Baca juga:  3 Polres Terbentuk, Kapolda Disarankan Tunjuk Putra Papua Sebagai Kapolres

    Dia menyampaikan, pemekaran DOB untuk kepentingan orang Papua maupun masyarakat yang ada di Papua Barat. Pemekaran DOB menjadi solusi pembangunan di daerah.

    “Saya beri contoh Pegaf dulu sebelum pemekaran daerahnya terisolir, tetapi setelah pemekaran pembangunan terjadi dan sangat cepat pembangunannya. Pemekaran ini jangan dicampurkan dengan persoalan lainnya karena itu penting untuk masyarakat. Kalau ada yang menolak silakan saja itu bagian dari demokrasi,” tambah dia.

    Baca juga:  Lagi! DPR Papua Barat Surati Pemprov, Minta Segerakan Setor Dokumen KUA/PPAS Perubahan 2022

    Di kesempatan yang sama, Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat George Dedaida mengungkapkan banyak usulan yang disampaikan oleh masyarakat. Baik itu pemekaran provinsi maupun kabupaten/kota.

    “Banyak usulan pemekaran yang disampaikan ke Fraksi Otsus. Itu murni dari masyarakat adat yang harus ditindaklanjuti oleh DPR Papua Barat,” bebernya.

    Dia menyampaikan sejumlah usulan pemekaran sudah masuk di fraksi. Setidaknya ada 10 yang telah diusul.

    Baca juga:  Mantap! Bintara Polda Papua Barat Juara 1 Turnamen Pencak Silat Tingkat Provinsi

    Di antaranya Provinsi Papua Barat Daya, kota Manokwari, Manokwari Barat, Maybrat Sau, Immeke, Kokas, Moskona, Raja Ampat Selatan, Sebiar, dan beberapa daerah lainnya.

    DPR Papua Barat juga berpandangan masyarakat dari wilayah adat Domberay dan Bomberay mendukung usulan DOB di Provinsi Papua Barat, baik provinsi maupun kabupaten/kota. (LP3/Red)

    Latest articles

    STIKIP Muhammadiyah Manokwari Buka Pendaftaran Maba Gelombang Kedua

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Muhammadiyah Manokwari membuka penerimaan mahasiswa baru (maba) untuk TA 2024/2025. Kampus akan membuka dua...

    More like this

    Dominggus Daftar di Perindo Maju Pilgub PB, Singgung Lawan Kotak Kosong

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Dominggus Mandacan mengantarkan berkas pendaftarannya ke DPW Partai Perindo Papua Barat...

    Sosialisasi Pencaker, Disnakertrans Papua Barat Tunggu Persetujuan Pj Gubernur 

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kependudukan Transmigrasi dan Tenaga Kerja Pemerintah Provinsi Papua Barat Derek...

    Tuntut Pembayaran Gaji, Honorer Palang Gedung DPR Papua Barat

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Puluhan tenaga honorer berunjuk rasa di Gedung DPR Papua Barat, Senin...