28.1 C
Manokwari
Rabu, Mei 15, 2024
28.1 C
Manokwari
More

    Pusat Setujui Program Perekrutan 1.000 Bintara Otsus Kodam XVIII/Kasuari

    Published on

    Manokwari-Pemerintah pusat setuju atas program perekrutan 1.000 Bintara Otsus yang yang didorong Kodam XVIII/Kasuari/Papua Barat,

    “Alhamdulillah Menteri Pertahanan, pak Prabowo Subiyanto dan Pak Kasad (Kepala Staf angkatan Darat) sudah setuju dengan program perekrutan Bintara Otsus,” kata Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, Senin (7/9).

    Dia menjelaskan, seleksi perekrutan 1.000 Bintara Otsus akan dilakukan dengan kerja sama antara Kodam Kasuari dan pemerintah Provinsi Papua Barat dan seluruh kabupaten/kota. Peserta yang bisa ikut dalam perekrutan ini adalah putra-putri asli Papua.

    Baca juga:  Gubernur Papua Barat: Sanksi Menanti Pelanggar PPKM Darurat

    “Alokasi calon berasal dari seluruh kabupaten dan kota di wilayah Papua Barat. Peserta nanti bisa mendaftarkan diri ke Korem dan Kodim terdekat di wilayah masing-masing,” kata dia.

    Ia menyebutkan, peserta yang lulus akan dididik di Rindam di seluruh Indonesia, mengingat sarana dan prasarana di Rindam XVIII/Kasuari masih terbatas.

    Harapannya, kata Bogra, para Bintara Otsus ini bisa ditugaskan kembali ke wilayah kabupaten dan kota di seluruh Papua Barat sebagai motivasi menggerakkan generasi muda agar lebih maju dalam menjaga stabilitas keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

    Baca juga:  Abraham Ramar: Kita Punya Freeport-LNG, tapi Masih Jadi yang Termiskin

    Kepala Staf Daerah Militer XVIII/Kasuari Brigjen TNI Ferry Zein pada kesempatan sebelumnya mengatakan program perekrutan Bintara Otsus sedang dikomunikasikan dengan gubernur, bupati, dan wali kota se-Papua Barat. Program tersebut diharapkan dapat dibiayai melalui dana otonomi khusus (Otsus).

    “Program itu diharapkan menjadi peluang bagi putra-putri asli Papua untuk berkarir menjadi anggota TNI,” kata Kasdam.

    Ferry Zein mengatakan Kodam Kasuari masih membutuhkan cukup banyak personel untuk mengisi satuan yang sudah ada maupun yang akan dibentuk. Putra daerah diharapkan bisa mengisi kekurangan tersebut.

    Baca juga:  Rakerwil IV Hidayatullah Papua Barat untuk Evaluasi dan Susun Program 2024

    Menurut dia, Kodam XVIII/Kasuari masih cukup baru dan saat ini baru tumbuh, pihaknya sedang mendorong pembentukan empat Kodim baru serta satu Korem di Fakfak untuk mendukung kerja Kodam.

    “Papua Barat ini sangat luas, sedangkan saat ini Kodam baru punya satu Korem. Oleh karena itu harus ditambah setidaknya satu Korem lagi. Kami juga akan membentuk Brigade, sehingga butuh banyak personel untuk mengisinya,” kata dia.(LPB1/red)

    Latest articles

    IPA Convex 2024, Menteri ESDM Tekankan Pentingnya Ketahanan Energi di Hulu...

    0
    JAKARTA, Linkpapua.com- Kebutuhan energi yang terus meningkat mendorong industri hulu migas untuk mengamankan pasokan energi. Untuk itu, eksplorasi migas akan semakin digenjot demi mencapai...

    More like this

    Nama Tidak Tercantum, Wahidin Puarada Segera Bawa Dokumen Pendaftaran ke DPP PDIP

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Bakal calon gubernur Papua Barat, Wahidin Puarada, mengumumkan akan segera menyerahkan...

    KPK dan SKK Migas Komitmen Lawan Korupsi di Sektor Hulu Migas Papua

    SORONG, linkpapua.com- Direktorat Anti Korupsi Badan Usaha (AKBU) KPK RI melakukan rapat koordinasi (rakor)...

    BI Papua Barat Gelar Lomba Karya Tulis Jurnalistik Dorong Perkembangan UMKM dan Pariwisata

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Barat menggelar kompetisi karya...