24.5 C
Manokwari
Jumat, Juli 19, 2024
24.5 C
Manokwari
More

    3 distrik jadi kawasan pengembangan sejumlah komoditi di Manokwari

    Published on

    Manokwari,Linkpapuabarat.com-3 distrik di kabupaten Manokwari yakni  Tanah Rubuh, Manokwari Utara dan Warmare/kampung Mokwan, menjadi pilot project dalam pengembangan kawasan sejumlah komoditi di Manokwari.

    Hal ini sesuai dengan hasil Focus Grup Discussion (FGD) yang digelar oleh Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) dan Universitas Papua (UNIPA), Selasa (1/12/2020)

    Kabid Sosial dan Budaya pada Badan Pendapatan Daerah (BAPPEDA) Manokwari, La Ode Aisyiya menjelaskan distrik tersebut dipilih karena memiliki potensi.

    Baca juga:  Hadiri Dies Natalis Ke-47, Dominggus Akui STIH Punya Peran Besar di Papua Barat

    “3 distrik akan menjadi pengembangan Kawasan baru berdasarkan analisis dari sejumlah pihak berdasarkan kesepakatan dari pihak distrik itu sendiri,” kata La Ode.

    Selain karena memiliki potensi, distrik-distrik tersebut juga berdasarkan kajian masih tertinggal dari segi pertumbuhan ekonominya.

    “Kita ingin memperkuat ketiga distrik ini sebagai hilir dari produk yang akan dihasilkan karena sejauh ini komoditi yang berada disana sudah dilirik oleh pasar,” jelas La Ode.

    Baca juga:  Pemkab-DPRD Manokwari Urung Tetapkan Revisi Raperda Miras, Praktisi Hukum: Harusnya Itu Prioritas

    Produksi kopi di Mokwam misalnya, diminati oleh pasar karena memiliki ciri khas tetapi produksinya yang belum luas. Jika dikelolah dengan baik, diharapkan produksinya bisa mencapai skala besar dan diminati banyak konsumen.

    Baca juga:  6 Saksi Insiden Unipa Kembali Penuhi Panggilan Polres Manokwari

    Untuk distrik Manokwari Utara akan difokuskan pada komiditi perikanan dan pengembangan kakao, distrik Tanah Rubuh untuk pengembangan pisang dan aren serta kampung Mokwam distrik Warmare untuk komiditi hortikultura dan ekowisata,” lanjut La Ode.

    Nantinya akan dibuat peraturan bupati (perbup) untuk memperkuat dokumen untuk menjadi acuan pengembangan tiga distrik tersebut. (LPB3/red)

    Latest articles

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya (PBD). Operasi...

    More like this

    Ali Baham Intervensi Stunting di Kampung Sumber Boga, Temui Keluarga Bayi Kembar Tiga

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pejabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, bersama Satgas Stunting...

    Hermus Indou-Mugiono Raih Dukungan PPP di Pilkada Manokwari 2024

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi menyerahkan rekomendasi dukungan kepada petahana Bupati...

    Kejati Papua Barat Anjangsana Peringati Hari Bhakti Adhyaksa

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat Muhammad Syarifuddin, didampingi oleh Wakil Kepala Kejaksaan...