25.9 C
Manokwari
Selasa, Juni 18, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    TMMD di Kampung Yabore Teluk Wondama Berakhir, Dorong Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

    Published on

    TELUK WONDAMA, Linkpapua.com– Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 di Kampung Yabore, Distrik Naikere, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

    Berlangsung selama 30 hari, pelaksanaan TMMD resmi berakhir, Jumat (7/6/2024), yang dihadiri langsung Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga, mewakili Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Haryanto.

    Selama pelaksanaannya, personel TMMD telah dibangun berbagai infrastruktur vital bagi masyarakat. Antara lain, peningkatan jalan kampung dari jalan tanah menjadi jalan rabat beton sepanjang 450 x 5 meter, pembangunan tiga unit rumah layak huni, serta pembuatan sumur bor untuk kebutuhan air bersih. Selain itu, proyek ini juga mencakup rehabilitasi jembatan dan balai kampung.

    Baca juga:  Pemkab-Polres Teluk Bintuni Gelar Pasar Murah, Siapkan 1.500 Paket Sembako

    “Dengan adanya jalan kita harapkan akses ekonomi seperti kebun-kebun yang mereka nanti buka lahan, ada cabai, ada keladi, betatas bisa mereka jual. Kemudian kita juga harus siapkan rumah yang bagus,,” ujar Ragainaga.

    Dia juga mengharapkan TMMD dapat memicu pertumbuhan ekonomi di Kampung Yabore, yang terletak di jalur jalan trans Papua-Papua Barat, peluang ekonomi yang patut dikembangkan.

    “Mungkin di situ nanti muncul warung, muncul lagi kios, rest area. Ini jalan negara, jalan provinsi ini. Ini, kan, sudah tembus Nabire ke Wondama, Kaimana, Bintuni, Mansel, kita tata perumahan ini supaya dorang ini bisa memanfaatkan peluang yang ada untuk sumber pendapatan,” katanya.

    Baca juga:  Revitalisasi Pasar Sanggeng Dimulai

    Sejalan dengan itu, Wakil Bupati Teluk Wondama, Andarias Kayukatuy, menilai TMMD dapat menjadi pemicu percepatan pembangunan di daerah terpencil dan terluar seperti Kampung Yabore.

    Andi, sapaan akrab Wakil Bupati, menyatakan pemerintah daerah akan secara bertahap melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat Kampung Yabore.

    “Memang TMMD belum menjawab semua yang dibutuhkan. Yang kita lihat belum ada ini adalah listrik. Mungkin ke depan kita akan membangun listrik tenaga surya sehingga masyarakat di sini bisa menikmati,” tuturnya.

    Baca juga:  Disnakertrans Mansel Akui Banyak Perusahaan Bandel, tak Laporkan Data Karyawan

    Upaya mendorong pertumbuhan ekonomi, Andi juga menekankan pentingnya optimalisasi dana desa, baik dari APBN maupun APBD. Dia menegaskan dana desa di Kampung Yabore harus diarahkan pada kegiatan produktif, terutama untuk pemberdayaan ekonomi.

    “Uang desa itu jangan digunakan untuk hal-hal yang tidak produktif, tapi hal-hal yang produktif sehingga ekonomi mereka bisa meningkat dan kemiskinan yang kita alami ini bisa teratasi. Anak-anak stunting juga bisa diatasi dengan berkembangnya ekonomi masyarakat,” bebernya.(Rex)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Jadi Khatib Salat Id di Manokwari, Serukan...

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, salat Idul Adha 1445 H/2024 M bersama ribuan jemaah di lapangan Kodim 1801/Manokwari, Senin...

    Alumni Yapis Manokwari Sumbang 1 Ekor Sapi

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Jadi Khatib Salat Id di Manokwari, Serukan Keteladanan Nabi Ibrahim

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, salat Idul Adha 1445...

    Kurban di Masjid Nurul Qolbi Manokwari, Momen Pererat Silaturahmi Umat Beragama

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Jemaah Masjid Nurul Qolbi Amban Permai, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, melaksanakan...

    Alumni Yapis Manokwari Sumbang 1 Ekor Sapi

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Alumni Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Manokwari menyalurkan hewan kurban berupa sapi di sekolah...