25.5 C
Manokwari
Sabtu, Juni 15, 2024
25.5 C
Manokwari
More

    Operasi Trisila di Papua-Maluku, TNI AL Kerahkan 5 KRI dan 300 Prajurit

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com– Komando Armada (Koarmada) III TNI Angkatan Laut menyiapkan sejumlah alutsista dan 300 prajurit untuk mengikuti Operasi Trisila Koarmada III Tahun Anggaran 2024 di perairan sekitar Papua dan Maluku.

    Panglima Komando Armada III Laksamana Muda Hersan menjelaskan dalam operasi tersebut sejumlah agenda.” Kemarin kita sudah melaksanakan latihan pendaratan amfibi di pantai di Distrik Ransiki, Manokwari, Papua Barat. Ini juga untuk menguji alutsista yang kita miliki,”ungkapnya Selasa (30/4/2024) saat berada didermaga Fasharkan TNI-AL Manokwari.

    Baca juga:  PA Manokwari Gelar Isbat Nikah Massal 63 Pasutri, Hermus: Bantu Masyarakat Miliki Dokumen Kependudukan

    Dijelaskannya, alutsista yang terlibat dalam operasi tersebut terdiri dari 5 KRI, 3 kapal patroli, tank dan sekoci karet. Selain melaksanakan latihan, dalam operasi tersebut juga menggelar bakti sosial seperti melakukan pembersihan Taman Makam Pahlawan (TMP).

    Operasi Trisila Koarmada III 2024 dijadwalkan berlangsung pada pekan terakhir April 2024 sampai dengan 2 Juni 2024. Rute pelayaran Operasi Trisila Koarmada III 2024 dimulai dari Sorong, Papua Barat Daya, kemudian kapal-kapal yang terlibat berlayar ke Manokwari, Papua Barat. Di Manokwari, Satgas Operasi Trisila-24 dijadwalkan menggelar latihan pendaratan di Pantai Ransiki, kemudian pasukan melanjutkan pelayaran ke beberapa daerah di Maluku Utara, yaitu Morotai, Ternate, Bacan. Usai berlayar di tiga tempat itu, Satgas Operasi Trisila-24 melanjutkan perjalanan ke titik terakhir ke Timika, Papua Tengah.

    Baca juga:  Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 di Mansel, Wakil Bupati Bacakan Amanat Kapolri

    “Selama lintas laut (linla) Satgas Trisila akan melaksanakan tugas penegakan hukum dan pengamanan terhadap para pengguna (jalur) laut serta latihan-latihan dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit matra laut. Kemudian, saat sandar di pangkalan, Satgas Trisila akan melaksanakan kegiatan seperti bakti sosial, karya bakti, open ship, serta pameran alutsista,”tutup dia.(LP3/Red)

    Latest articles

    KPU Papua Barat Tetapkan 35 Caleg Terpilih, Golkar Jadi Ketua DPR...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat menetapkan 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Papua Barat periode 2024-2029. Penetapan dilakukan...

    30 Caleg Terpilih Ditetapkan KPU Manokwari

    More like this

    KPU Papua Barat Tetapkan 35 Caleg Terpilih, Golkar Jadi Ketua DPR Papua Barat

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat menetapkan 35 anggota Dewan Perwakilan...

    Ditlantas Polda Papua Barat Raih Penghargaan di 2 Kategori

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Barat meraih prestasi dalam Rapat Kerja Teknis...

    Pemprov PB Rancang Sekolah Ramah Anak-Gender, Dimulai dari SMA Unggulan

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Biro Kesra Pemprov Papua Barat bersama otoritas terkait tengah merancang sebuah...