27.5 C
Manokwari
Senin, Juli 15, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Terkonfirmasi positif, cabup Manokwari Selatan butuh dukungan moril

    Published on

    Manokwari- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat, Paskalis Semunya menyebutkan bahwa bakal calon bupati Manokwari Selatan membutuhkan dukungan moril agar segera sembuh dari COVID-19.

    Ditemui di Manokwari, Jumat (2/10), Paskalis mengajak masyarakat untuk memberi dukungan bakal cabup yang saat ini masih menjalani isolasi mandiri tersebut. Pihaknya ingin tahapan Pilkada di penghasil biji kakao itu kembali berjalan normal.

    “Pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Manokwari Selatan belum bisa dilakukan sampai saat ini, sehingga KPU setempat tidak bisa melanjutkan tahapan Pilkada di sana,” ucap Paskalis.

    Pilkada serentak di Kabupaten Manokwari Selatan hanya diikuti oleh satu pasangan tunggal yakni Markus Waran-Wempi Willy Rengkung. Dari hasil pemeriksaan real time polymerase chain reaction (RT-PCR) di laboratorium RSU Papua Barat, bakal cabup terkonfirmasi positif COVID-19.

    Baca juga:  Bupati Hermus Puji Peran Dekranasda Majukan UMKM dan Industri Kreatif di Manokwari

    “Masih ada waktu hingga tanggal 7 Oktober, mudah-mudahan nanti hasil pemeriksaanya negatif,” ucap Paskalis lagi.

    Dia menjelaskan, sesuai peraturan KPU nomor 10 tahun 2020 setiap bakal calon wajib swab test sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Jika hasilnya positif yang bersangkutan harus menjalani isolasi selama 14 hari.

    Selanjutnya jika pemeriksaan swab kedua masih menunjukan hasil positif isolasi kembali diperpanjang selama 14 hari. Berikutnya jika masa isolasi kedua sudah dilakukan dan hasil pemeriksaan PCR masih menunjukan hasil positif, KPU akan tetap melanjutkan tahapan.

    Baca juga:  2024, Bupati Manokwari Ingin Seluruh Transaksi Keuangan Daerah Berbasis Digital

    “Kita beri dukungan kepada bakal calon ini, semua pihak harus memberi dukungan moril agar beliau segera sembuh dan bisa mengikuti seluruh tahapan. Mudah-mudahan hasil pemeriksaan terakhirnya nanti negatif tapi kalau positif berarti dilakukan pergantian bakal calon,” kata dia lagi.

    Ia berharap, semua pihak baik penyelenggara pemilu, bakal calon dan tim sukses patuh terhadap aturan. Dalam waktu dekat dirinya akan berkunjung ke Manokwari Selatan untuk melakukan audiensi dengan KPU serta pemerintah daerah.

    “Untuk bakal calon kami berharap tidak panik. Enjoy saja, jalani isolasi secara baik agar imun tubuh terjaga,” katanya menambahkan.

    Baca juga:  Bupati Sebut 2022 Jadi Tahun Transformasi dan Pembaharuan Wujudkan Visi Misi Pemda Manokwari

    Ketua Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Manokwari Selatan, Hengky Tewu pada kesempatan sebelumya menyatakan bahwa kondisi kesehatan bakal calon bupati, Markus Waran ini cukup bagus dan stabil selama menjalani isolasi mandiri,

    “Dari awal tidak ada gejalanya, beliau masuk dalam kategori pasien tanpa gejala. Kondisi kesehatanya cukup bagus, sama dengan kita yang tidak terjangkit,” ucap Hengky Tewu

    “Beliau menjalani isolasi mandiri di rumah, selama ini kita terus pantau dan diberikan vitamin serta makanan bergizi supaya imunitas tubuhnya terus terjaga,” kata dia lagi. (LPB1/red)

    Latest articles

    Hari Pertama Operasi Patuh Mansinam, Satlantas Polresta Manokwari Berikan Teguran dan...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Hari pertama Operasi Patuh Mansinam yang digelar Satuan Lalu Lintas Polresta Manokwari pada Senin (15/7/2024) di jalan Siliwangi Kelurahan Padarni, sejumlah pengendara...

    More like this

    Hari Pertama Operasi Patuh Mansinam, Satlantas Polresta Manokwari Berikan Teguran dan Penindakan

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Hari pertama Operasi Patuh Mansinam yang digelar Satuan Lalu Lintas Polresta Manokwari...

    Operasi Patuh Mansinam Dimulai Hari ini, 7 Pelanggaran yang Jadi Incaran

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Polresta Manokwari memulai pelaksanaan Operasi Patuh Mansinam, Senin hari ini (15/7/2024). Operasi...

    Bupati Apresiasi Peran Ikaswara di Manokwari Dalam Momentum Harlah ke 17 Tahun

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam peringatan Hari Lahir (Harlah) Ikatan Keluarga Sunda, Jawa, Madura (Ikaswara) Manokwari...