25.9 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Tahun Ini, Pemkab Mansel Tambah 700 Meter Runway Bandara Abreso

    Published on

    MANSEL, Linkpapua.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari Selatan (Mansel) akan menambah panjang landasan pacu atau runway Bandar Udara (Bandara) Abreso 700 meter. Dengan penambahan ini, berarti landasan pacu bandara menjadi 2.700 meter.

    Bupati Mansel, Markus Waran, mengatakan semua dokumen terkait bandara sudah dilengkapi, baik itu perizinan maupun teknis pengoperasian. Selanjutnya pemerintah daerah akan berusaha semaksimal mungkin menyelesaikan fisik bangunannya.

    Baca juga:  PR dari Menteri Bahlil, Tutup Aktivitas PETI di Manokwari-Pegaf

    Untuk 2022 ini, pemerintah daerah akan menambah landasan pacu menjadi 2.700 meter. Panjang itu bahkan bisa menjawab kebutuhan bandara internasional, terlebih lagi Bandara Abreso diklaim tidak memiliki gangguan obstacle.

    “Untuk dokumennya semua sudah lengkap, bahkan titik pendaratannya sudah ada, sekarang tinggal kita berusaha untuk menyelesaikan fasilitas fisiknya,” kata Markus, Jumat (10/6/2022).

    Ia juga berharap pembangunan Bandara Abreso bisa mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat maupun pusat. “Nanti kita akan berusaha untuk menyurat ke provinsi dan juga ke pemerintah pusat. Sementara untuk perpanjangan landasan, pembangunan drainase, dan taxiway pakai APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah) kita,” tuturnya.

    Baca juga:  100 Persen Produk Lokal, Gerai Papua Barat Ramai Pengunjung di Hipmi Expo Jakarta

    Markus juga menegaskan bahwa pembangunan Bandara Abreso bukan untuk menyaingi Bandara Rendani di Kabupaten Manokwari, melainkan untuk saling mendukung dan menjawab kebutuhan penerbangan di wilayah Papua Barat.

    Baca juga:  Pemda Mansel akan nonjobkan pegawai yang administrasi pindahnya belum lengkap

    Menurut hitungannya, Bandara Rendani ke depan sangat berpotensi untuk padat penerbangan. Ketika itu terjadi, Bandara Abreso bisa hadir sebagai penyangga.

    Di samping itu, Bandara Abreso juga dinilai cukup efektif untuk mengoneksikan wilayah di Manokwari karena posisinya yang ada di antara beberapa kabupaten. (LP6/red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Longsor di Distrik Tahota, Kapolres Mansel Pimpin Evakuasi Material yang Tutup Badan Jalan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Longsor terjadi di Kampung Yarmatun, Distrik Tahota, Kabupaten Manokwari Selatan, Minggu (14/4/2024)....

    Pengelola Tambang Gajian C Diminta Terlibat dalam Normalisasi Kali Mati

    MANSEL linkpapua.com- Tokoh pemuda Kampung Tobou, Manokwari Selatan, Jefri Mandacan berharap pemerintah memastikan pembangunan...

    Cuaca Ekstrem Berlanjut, Markus Waran Ingatkan Potensi Banjir-Longsor

    MANSEL,Linkpapua.com- Cuaca ekstrem diprediksi masih akan menyelimuti wilayah Manokwari Selatan dalam beberapa pekan ke...