28.2 C
Manokwari
Selasa, April 23, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    Solusi Bupati Manokwari Tampung Seluruh Siswa: Tambah Sekolah, Tambah Guru

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, mengatakan bahwa satu-satunya jalan keluar agar seluruh siswa di semua jenjang bisa tertampung adalah dengan menambah jumlah sekolah maupun guru. Menurutnya, hal itu mesti dipikirkan sedari sekarang.

    Hermus menilai adalah hal wajar pada tua murid melakukan aksi protes terkait proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022. Hal inipun juga telah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Persoalannya pun sama, yakni tidak seimbangnya rasio siswa dengan sekolah.

    Baca juga:  Hermus-Waterpauw Letakkan Batu Pertama, Pasar Sentral Sanggeng Ditarget Rampung Pertengahan 2024

    “Saya kira daya tampung semua sekolah kita di Manokwari. Jadi, rasio siswa di tingkat SD, SMP, dan kemudian SMU ini sangat terbatas. Kalau kita lihat beberapa waktu yang lalu orang tua murid melakukan demontrasi dan aksi-aksi itu saya kira itu sah saja karena mereka tidak mau anak mereka gagal,” kata Hermus, Rabu (29/6/2022).

    Dia mengatakan pemerintah daerah, kabupaten maupun provinsi, sudah harus berpikir jauh ke depan untuk menyiapkan infrastruktur pendidikan memadai untuk menampung siswa di semua jenjang pendidikan.

    Baca juga:  Berbagai Lomba Warnai HUT PI Ke-168, Jalan Santai hingga Perahu Dayung Tradisional

    “Saya kira untuk mengantisipasi tahun depan, rasio siswa yang lulus di semua tingkatan ini harus kita hitung. Sebab, akhirnya ketika siswa itu membeludak, daya tampung sekolah juga kecil, banyak anak kita yang tidak bisa tertampung,” terangnya.

    Sebab, kata dia, tentu pihak sekolah pun akan menerima sesuai daya tampung ruangan dan jumlah meja belajar yang ada.

    Baca juga:  Sah! Petrus-Matret Jabat Bupati dan Wakil Bupati Teluk Bintuni Periode Kedua

    Selain itu, menurut Hermus, keterbatasan sumber daya manusia (SDM) guru di Manokwari juga turut menjadi persoalan. “Kita juga harus menambah infrastruktur sekolah yang baik juga merekrut guru sesuai kualifikasi ilmunya,” sebutnya.

    Dia mengatakan untuk melaksanakan langkah ini tentu dikelola sesuai dengan kewenangan masing-masing pemerintah daerah. “Kabupaten kita fokus ke SD dan SMP, sedangkan untuk SMU dan SMK menjadi fokus Pemerintah Provinsi Papua Barat,” tutur Hermus. (LP2/Red)

    Latest articles

    Selamat! Petrus Kasihiw Raih Gelar Doktor Lingkungan di Unipa

    0
    MANOKWARI,LinkPapua.com- Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw berhasil meraih gelar doktor bidang lingkungan usai menjalani ujian promosi di Universitas Papua, Selasa (23/42024). Petrus Kasihiw mempertahankan...

    More like this

    Hilang Saat Berburu, Yahya di Temukan Meninggal di Hutan Anggori

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sempat dinyatakan hilang saat berburu, seorang warga bernama Yahya ditemukan meninggal dunia...

    Aristoteles Wamafma Bulatkan Tekad Ikut Pilkada Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Salah satu figur yang aktif diberbagai organisasi gereja maupun politik yaitu Aristoteles...

    Maju Pilkada Manokwari, Hermus Yakin Dapat Dukungan Mayoritas Partai Politik  

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dukungan bagi Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia (PDI-Perjuangan) Manokwari Hermus Indou yang juga...