27.6 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
27.6 C
Manokwari
More

    Soal Empat Distrik DOB Papua Barat Daya, Nataniel: Kita Serahkan ke DPR RI

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Jika daerah otonomi baru (DOB) Provinsi Papua Barat Daya (PBD) nantinya terwujud, empat distrik, yakni Amberbaken, Senopi, Mubrani, dan Kebar agar dikembalikan menjadi wilayah Manokwari. Empat distrik tersebut merupakan tanah wilayah adat Arfak.

    Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Barat, Nataniel D. Mandacan, mengatakan soal empat distrik diserahkan semuanya ke DPR RI untuk pembahasannya.

    “Kita serahkan ke DPR RI mereka yang bahas. Kami harap DPR RI undang DPR Papua Barat, Gubernur (Penjabat Gubernur Papua Barat), Bupati Tambrauw, DPRD dan Bupati Manokwari, serta DPRD untuk membahas di sana,” kata Nataniel kepada wartawan di Kantor Gubernur Papua Barat, Jumat (2/9/2022).

    Baca juga:  Legislator Papua Barat Mugiyono Nilai Momentum Pemerintah Naikkan Harga BBM Tidak Tepat

    Dia menilai, persoalan empat distrik tersebut hanya kepentingan elite, bukan masyarakat. Pasalnya, kata dia, masyarakat di empat distrik tersebut terpecah jadi dua.

    Baca juga:  Masa Jabatan Anggota MRPB Diperpanjang?

    “Manokwari minta Tambrauw lepas saja empat distrik itu. Secara masyarakat adat kita mau bicara bersama masyarakat adat untuk meyakinkan mereka. Empat distrik itu merupakan tanah adat Manokwari yang mau pindah ke Tambrauw silakan,” ungkapnya.

    Pemerintah, kata dia, tetap akan ikut aturan. Misalnya, nantinya masih masuk ke wilayah PBD nantinya tetap akan bicarakan. “Kalau sampai tidak menemukan hasil baiknya langsung voting. Kalau tidak yang akan jadi korban masyarakat,” paparnya.

    Baca juga:  Honorer 512 Tagih Janji Kapolda PB: Tuntaskan Kasus Pemalsuan dokumen CPNS!

    Nataniel mengaku sudah menyampaikan hal ini kepada Penjabat Gubernur Papua Barat dan lainnya agar dibicarakan secara damai. “Soal pemekaran nanti urusan pemerintah atau kalau ada desakan masyarakat mungkin diambil langkah. Kalau secara aturan pasti setelah pilkada baru akan dibicarakan,” tuturnya. (LP9/Red)

    Latest articles

    PFM Ingatkan Pj Gubernur Alokasikan Anggaran Memadai untuk MRPBD

    0
    SORONG, Linkpapua.com- Mananwir Paul Finsen Mayor (PFM) mengingatkan Pj Gubernur Papua Barat Daya agar memperhatikan keuangan MRPBD. Sebab posisi MRPBD hari ini sangat strategis...

    More like this

    Tren Kasus DBD Naik, Dinkes Papua Barat Lakukan Edukasi di Masyarakat

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat Feny Maya Paisey mengatakan, tren kasus DBD...

    Pemprov Papua Barat Segera Gelar Forum OPD dan Pra-Musrenbang

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat menggelar apel perdana pascalibur Idul Fitri, Jumat (19/4/2024)....

    Pasca-Idul Fitri, Dinas PUPR Papua Barat Benahi Kawasan KM 11 Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua Barat mulai membenahi...