24.8 C
Manokwari
Rabu, Februari 21, 2024
24.8 C
Manokwari
More

    Soal 4 Distrik di Tambrauw, Kemendagri Akan Bentuk Tim Rekonsiliasi

    Published on

    Manokwari, linkpapua.com– Penyelesaian 4 distrik yang telah menjadi bagian pemkab Tambrauw yaitu Kebar, Amberbaken, Senopi dan Mubrani namun dilakukan gugatan oleh pemkab Manokwari, maka Kementrian Dalam Negeri rencananya akan membentuk tim rekonsilisasi.

    Kepala Bagian Pemerintahan dan Otda setda Manokwari Samoel Aronggear mengatakan pembentukan tim tersebut akan melibatkan kedua belah pihak.” Dari Kemendagri akan membentuk tim rekonsiliasi adat dengan melibatkan tokoh masyarakat adat dari kedua daerah. Dari kabupaten Manokwari sudah menyiapkan sejumlah nama-nama yang nantinya dikirimkan ke Kemendagri,”ungkap Aronggear Senin (6/3/2023).

    Baca juga:  545 Guru Terima SK PPPK, Ini Pesan Bupati Manokwari

    Dikatakannya, meskipun tidak ada target waktu penyelesaian pihaknya berharap agar tim yang dibentuk tersebut dapat menyelesaikan persoalan tapal batas yang telah berlarut-larut tersebut.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Dorong Penyelesaian RTRW, Bentuk Satgas Tertibkan Bangunan Liar

    Selain penyelesaian sengketa wilayah melalui jalur diplomasi, pemkab Manokwari juga telah melakukan judicial review terhadap undang-undang nomor 14 tahun 2013 tentang perubahan atas undang-undang nomor 56 tahun 2008 tentang pembentukan kabupaten Tambrauw pada pasal 3 ayat (1) dan pasal 5 ayat (1).

    Baca juga:  Pasar Sanggeng Mulai Dibongkar, Waterpauw: Harus Lebih Bagus dari Pasar Mama-mama Papua di Jayapura

    Dalam beberapa waktu terakhir, terjadi pro dan kontra terhadap 4 distrik tersebut. Pasalnya masih ada kelompok masyarakat yang menginginkan agar 4 distrik tersebut tetap berada di wilayah pemkab Manokwari.(LP3/Red).

    Latest articles

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi...

    0
    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang beredar di Istana, ada dua pos menteri yang akan dirotasi, Yakni...

    More like this

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi Menteri ATR

    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang...

    Pj Gubernur Ali Baham Beberkan Tantangan Berat Papua Barat Menuju Indonesia Emas 2045

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengatakan, ASN harus menjadi...

    Sastrawan Pulo Lasman Simanjuntak Tulis Puisi untuk Presiden RI Terpilih

    JAKARTA, linkpapua.com- Penyair dan sastrawan, Pulo Lasman Simanjuntak menulis syair untuk Presiden RI terpilih...