27.3 C
Manokwari
Selasa, Juli 23, 2024
27.3 C
Manokwari
More

    Polres Manokwari siap kawal Pilkada Sehat

    Published on

    Manokwari- Kepolisian Resor Manokwari, akan mengawal penerapan protokol kesehatan untuk mewujudkan Pilkada sehat di daerah tersebut.

    Kapolres Manokwari, AKBP Dadang Kurniawan telah menyerahkan maksimal Kapolri Jenderal Polisi Idham Asis kepada dua calon bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup) yang akan bertarung di daerah tersebut pada Kamis (24/9)

    “Maklumat bapak Kapolri, baik penyelenggara pemilu maupun peserta dan tim suksesnya wajib taat terhadap protokol kesehatan. Dalam seluruh tahapan Pilkada, semua wajib mematuhi aturan,” ucap Kapolres di Manokwari, Kamis.

    Baca juga:  Polresta Manokwari Serius Berantas Peredaran Miras dan Narkoba 

    Nanang menjelaskan bahwa maklumat Kapolri di keluarkan untuk mendukung instruksi pemerintah dalam mencegah penularan COVID-19 ditengah pandemi. Selain itu Polri pun mendukung penerapan peraturan KPU nomor 13 tahun 2020.

    “Di PKPU nomor 13 diatur tentang pembatasan jumlah orang dalam setiap kegiatan atau tahapan Pilkada. Kita semua harus patuh, KPU, Bawaslu termasuk kandidat serta tim suksesnya,” katanya menjelaskan.

    Saat ini Polres Manokwari bersama Pemkab Manokwari sedang menggelar operasi Yustisi. Operasi ini dilakukan untuk mendorong masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan.

    Baca juga:  Jadi Perumda, PDAM Manokwari Wajib Hasilkan PAD 51 Persen

    “Untuk operasi Yustisi, ditahap awal ini kami masih melakukan sosialiasasi. Setelah sosialisasi nanti akan ada penindakan jika ada ketentuan KPU yang dilanggar,” katanya.

    Kapolres mengutarakan, pada operasi ini pihaknya telah menyiapkan personil yang akan bekerja secara mobil dan stasioner. Ke depan tindakan tegas akan dilakukan jika ada yang melanggar.

    “Untuk saat ini tindakan kita baru sekadar pencatatan nama. Misalnya ada yang kedapatan tidak mengenakan masker di tempat publik personil akan mencatat namanya,” ujarnya.

    Baca juga:  Warga di Warmare-Prafi Blokade Jalan Besok, Polres Manokwari Siagakan 3 SSK Brimob

    Pada tahapan kampanye dari 26 September hingga 5 Desember Polres Manokwari akan bekerja sama dengan Bawaslu. Pembubaran massa bisa dilakukan jika ada kandidat yang bandel.

    “Tapi itu nanti tidak serta merta, akan ada prosesnya. Kita akan mulai dengan pendekatan persuasif jika masih berlangsung maka tindakan yang tegas akan kita tempuh,” sebutnya. (LPB1/red)

    Latest articles

    Polisi Sebut 24 TPS di Bintuni Sangat Rawan: Moskona-Wamesa Terbanyak

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Polres Teluk Bintuni menggelar sosialisasi kamtibmas menyongsong Pilkada 2024 di Gedung Andriano Ananta Mapolres Bintuni, Selasa (23/7/2024). Dalam sosialisasi ini, Polres...

    More like this

    Diajak ke Kebun, IRT di Manokwari Ditembak Suami

    MANOKWARI, linkpapua.com- Seorang ibu rumah tangga (IRT) Manokwari bernama Nely Saori (49) ditembak saat...

    Lepas 85 Mahasiswa KKN, Ketua STKIP Muhammadiyah Manokwari Ingatkan Jaga Nama Institusi

    MANOKWARI, Linkpapua.com- STKIP Muhammadiyah Manokwari melepas 85 mahasiswa yang akan melakukan KKN di 8...

    Songsong Pilkada, Polda Papua Barat Gelar Tabligh Akbar dan Deklarasi Damai

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam rangka mewujudkan Pilkada damai 2024 di Provinsi Papua Barat, Polda Papua Barat...