27.9 C
Manokwari
Selasa, Februari 27, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Perekaman KTP-el, Disdukcapil Papua Barat Jemput Bola ke Lapas-Lapas

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Papua Barat melakukan upaya jemput bola demi memaksimalkan perekaman kartu tanda penduduk elektronik atau KTP-el. Lembaga pemasyarakatan (lapas) di seluruh Bumi Kasuari akan disasar.

    “Kami akan berkoordinasi dengan kabupaten/kota untuk meningkatkan kegiatan jemput bola ke lapas-lapas. Program jemput bola ini sebenarnya untuk daerah yang cakupan perekaman KTP-elektronik rendah, seperti Pegunungan Arfak, Mansel (Manokwari Selatan), dan Wondama,” kata Ria Maria Come, Kepala Disdukcapil Papua Barat, Jumat (17/2/2023).

    Baca juga:  Gubernur Papua Barat Serahkan Materi APBD-P 2022 ke DPR, Naik Rp806 Miliar Lebih

    Dia berharap, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Papua Barat bisa memberikan data narapidana atau warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang belum melakukan perekaman KTP-el sehingga proses perekaman bisa maksimal.

    Baca juga:  Efektif Tangani Banjir dan Infrastruktur, Kinerja Dinas PUPR Papua Barat Diapresiasi

    Ria menjelaskan, data per Juni 2022, perekaman KTP-el di Papua Barat sudah mencapai 74 persen. Angka ini belum mencapai target pemerintah, yakni 80 persen.

    “Target provinsi itu 80 persen, sementara target nasional 99,3 persen. Juni 2022 capaian perekaman sudah 74 persen, sementara laporan 30 Desember belum keluar,” paparnya.

    Baca juga:  Papua Barat Tuan Rumah Rakor Fordasi 2023, Fokus Bahas Pembangunan dan Desentralisasi

    Laporan resminya, kata dia, belum keluar. Namun, kata diam capaian per 30 Desember 2022 sebenarnya sudah mencapai 86 persen.

    Oleh karena Papua Barat dan Papua Barat Daya sudah resmi berpisah, data KTP-el nanti juga otomatis akan dipisah. Sebelumnya, data penduduk kedua provinsi sebanyak 1.161.028 jiwa, sementara yang wajib untuk perekaman KTP-el 800.000 jiwa lebih. (LP9/Red)

    Latest articles

    Kejati Papua Barat Tangkap DPO Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Babo, Diburu...

    0
    MANOKWARI,LinkPapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat menangkap DPO kasus korupsi proyek pembangunan Pasar Rakyat di Distrik Babo, Kabupaten Teluk Bintuni. Upaya...

    More like this

    Lantik 64 Kepsek-Pengawas, Bupati Hermus: Kerja dengan Baik, ini Amanah

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou melantik dan mengukuhkan pejabat fungsional pengawas dan kepala...

    Forum Masyarakat SAIRERI Usul Keterwakilan OAP di DPR RI dari Jalur Afirmasi

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ketua Forum Masyarakat SAIRERI, Derek Ampnir mengatakan, untuk mencegah konflik pasca-Pemilu 2024,...

    Mahasiswa Geruduk Kantor Bawaslu Papua Barat, Tuntut Tindakan Tegas Pelanggaran Pemilu

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan massa yang terbagung dalam Solidaritas Mahasiswa Hukum Manokwari mendatangi kantor Badan...