28.2 C
Manokwari
Selasa, April 23, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    Pemprov Papua Barat Akan Bentuk Satker Damkar Tersendiri

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat berencana membentuk satuan kerja (satker) dinas pemadam lebakaran (damkar) tersendiri sehingga bisa bekerja maksimal.

    Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, mengatakan sangat ironis jika dalam tiap musibah kebakaran di ibu kota provinsi bisa melenyapkan barang-barang berharga.

    “Sampai saat ini kita tidak punya unit pemadam kebakaran. Setiap kebakaran yang terjadi hanya bermodalkan ember. Sepertinya kita perlu lengkapi ember-ember ke masing-masing personel pemadam kebakaran. Kalau ada kebakaran ember-ember itu dibawa untuk memadamkan api jika terjadi kebakaran,” kata Waterpauw, Senin (8/8/2022).

    Baca juga:  Penuhi Stok di Manokwari, Dinkes Papua Barat Gelar Donor Darah

    Menurutnya, kinerja damkar tidak maksimal kerjanya karena saat ini masih digabung dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)

    “Sangat ironis, pejabat kita kebakaran akibat lilin, namun dokumen habis dilalap api. Memang tidak ada korban jiwa, tetapi dokumen dan semua perlengkapan habis dilalap api. Mau bikin apa modalnya hanya ember dan doa,” ketusnya.

    Baca juga:  Realiasi Belanja Papua Barat Sentuh 83 Persen, Infrastruktur Penyumbang Terbesar

    Dia berharap satuan damkar bisa menjadi dinas tersendiri dan terpisah dari Satpol PP. “Segera untuk adakan damkar. Papua dan Papua Barat modusnya sama, tidak memiliki unit pemadam kebakaran karena dinasnya digandeng dengan Satpol PP. Kita harus pisahkan antara Satpol pp dan pemadam kebakaran,” paparnya.

    Baca juga:  Momentum Tahun Baru Islam, Pj Gubernur Papua Barat: Tinggalkan Semua Perbuatan Buruk

    Unit damkar, kata dia, merupakan salah satu pelayanan dasar sehingga harus diutamakan. “Ini merupakan salah satu pelayanan dasar yang utama. Kita bersyukur hingga sekarang belum terjadi kebakaran hutan karena berada di wilayah subtropis. Ada panas ada hujan sehingga hutan kita masih hijau,” ungkapnya. (LP9/Red)

    Latest articles

    Selamat! Petrus Kasihiw Raih Gelar Doktor Lingkungan di Unipa

    0
    MANOKWARI,LinkPapua.com- Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw berhasil meraih gelar doktor bidang lingkungan usai menjalani ujian promosi di Universitas Papua, Selasa (23/42024). Petrus Kasihiw mempertahankan...

    More like this

    Bappeda Papua Barat Gelar FPD: Kemiskinan Ekstrem – Stunting Turun  

    MANOKWARI, linkpapua.com- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua Barat menggelar rapat Forum Perangkat Daerah...

    LDII Ajak Lawan Krisis Plastik dan Budaya Hidup Bersih Dalam Peringatan Hari Bumi

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam momentum peringatan Hari yang digelar Setiap 22 April dimana Pada 2024, Hari...

    Pj Gubernur Ali Baham Puji Wamena: Anak Mudanya sampai ke Rusia-Jepang

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menghadiri rapat kerja gubernur se-Tanah...