27 C
Manokwari
Jumat, Mei 24, 2024
27 C
Manokwari
More

    Papua Barat Pertama di RI, Hari ini Serahkan DIPA-TKDD

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menyerahkan secara simbolik Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) 2022 kepada seluruh kabupaten-kota se-Papua Barat, Rabu (1/12/2021). Papua Barat menjadi provinsi pertama di Tanah Air yang menyerahkan DIPA-TKDD.

    Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Papua Barat Bayu Andy Prasetya menyampaikan penyerahan DIPA di Papua Barat merupakan yang pertama di seluruh Indonesia. Menurutnya, ini capaian tersendiri bagi PB.

    Baca juga:  Pj Gubernur Papua Barat Resmikan Rumah Baca untuk Atasi Anak Putus Sekolah

    “Dengan penyerahan DIPA lebih awal sebagai komitmen untuk membangun daerah. Langkah-langkah pemulihan ekonomi terus dilakukan dengan sinergi pemerintah pusat dan pemda. Terutama dalam penciptaan lapangan kerja dan memberantas kemiskinan,” ujarnya.

    Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengungkapkan DIPA menjadi acuan bagi para pimpinan satker dan kepala daerah dalam melaksanakan berbagai program pembangunan secara kolaboratif. DIPA dan TKDD ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua Barat.

    Baca juga:  Pj Ketua TP PKK Papua Barat: Perhatian Orang Tua Penting untuk Masa Depan Anak-anak

    “Penyampaian DIPA dan Daftar Alokasi TKKD secara lebih awal merupakan
    komitmen pemerintah untuk melakukan akselerasi pemulihan ekonomi, dan transformasi ekonomi yang lebih cepat. Upaya ini juga menjadi bukti bahwa Papua Barat dapat tetap produktif di masa pandemi Covid-19,” terang Dominggus.

    Diakui Dominggus, perkembangan ekonomi 2021 dan proyeksi 2022 masih di bawah ancaman pandemi. Karena itu di berbagai sektor terjadi perlambatan.

    “Ini terjadi secara nasional. Covid-19 yang bermutasi dan masih mengancam menjadi tantangan besar dalam pemulihan ekonomi. Karena dibutuhkan akselarasi dari pemda agar bisa keluar dari situasi ini,” ungkap Dominggus.

    Baca juga:  Pemprov Papua Barat Target Serapan Anggaran 90 Persen di Desember

    Dominggus menyampaikan sinergi satker dan pemerintah daerah harus selalu terjaga dengan peran dan fungsi masing-masing untuk memastikan agar APBN mampu mewujudkan ekonomi Papua Barat yang jauh lebih baik.

    Meski menghadapi dinamika ketidakpastian perekonomian, Papua Barat diproyeksikan akan pulih dan makin kuat di tahun depan. (LP3/Red)

    Latest articles

    Wahidin Puarada Daftar di PKB Maju Bertarung Pilgub Papua Barat

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi mendaftar di PKB untuk maju bertarung pada pemilihan gubernur (Pilgub) Papua Barat 2024. Kepastian itu setelah tim kerja Wahidin...

    More like this

    Wahidin Puarada Daftar di PKB Maju Bertarung Pilgub Papua Barat

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi mendaftar di PKB untuk maju bertarung pada pemilihan...

    Pit Mandacan Daftar di Perindo Maju Pilkada Mansel 2024

    MANSEL,LinkPapua.com - Pit Mandacan resmi mendaftarkan diri di DPD Partai Perindo Manokwari Selatan (Mansel)...

    AMPI Papua Barat Kecam Pernyataan Qodari yang Sebut Golkar Berkhianat

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Plt Ketua DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Papua Barat Guntur Setiawan...