27.9 C
Manokwari
Selasa, Februari 27, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Pangdam Kasuari: HUT PI ke-168 Harus Jadi Momentum Refleksi Kembali kepada Iman

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com -Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema mengajak seluruh masyarakat untuk merefleksikan diri kembali kepada iman dalam menyongsong perayaan HUT ke-168 Pekabaran Injil. Momentum ini harus jadi tonggak perbaikan sosial-keamanan di Tanah Papua.

    Hal ini disampaikan Pangdam disela-sela ia melaksanakan peninjauan kesiapan menyambut perayaan HUT ke-168 Pekabaran Injil di Tanah Papua di Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat, Rabu (1/2/2023). HUT PI jatuh pada 5 Februari 2023.

    Pangdam menyampaikan bahwa Pulau Mansinam ini merupakan pulau di mana dalam sejarahnya adalah tempat masuknya Injil pertama kali di seluruh daratan tanah Papua.

    “Kita memahami bahwa segala kehidupan termasuk juga dengan profesi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagaimana dalam Pancasila asas ataupun Ketuhanan Yang Maha Esa menjadi penjuru utama, tepatnya di Kodam XVIII/Kasuari yang sekarang berada di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya tentunya ada hal-hal yang menjadi problematik baik dari sisi keamanan maupun dari sisi kesejahteraan,” ucapnya.

    Baca juga:  Kisah Dewi Lolos dari Kepungan TPNPB-OPM, Sembunyi di Kubangan-Jalan Saat Malam

    Ia mengatakan dua hal ini menjadi sentral dalam rangka untuk terus menjaga, meningkatkan kesejahteraan. Rohnya adalah kembali kepada iman itu sendiri.

    “Di mana dari sisi keamanan kita ketahui sendiri wilayah Papua secara umum, masih ada basodara kita yang kita kenal dengan KKB atau KST yang terus melakukan kegiatan dengan tujuan tertentu bahkan memberikan sesuatu situasi yang kurang nyaman di wilayah Papua secara keseluruhan termasuk di wilayah Kodam XVIII/Kasuari, namun secara umum lewat iman tersebut semua berbagai macam agama harus bersatu padu dalam rangka menghadirkan Tuhan yang paling utama untuk menyelesaikan semua kepentingan Bangsa dan Negara ini,” ungkapnya.

    Baca juga:  Lepas Pawai Budaya HUT PI ke-168, Waterpauw Ajak Generasi Muda Sebarkan Kebaikan

    Dalam kesempatan ini, Pangdam mengharapkan agar seluruh masyarakat untuk menjaga Pulau Mansinam serta seluruh fasilitasnya serta bersatu padu untuk memastikan ke depannya akan ada suatu peningkatan dalam iman.

    “Kita berharap juga dikatakan bahwa tanah Papua secara keseluruhan adalah tanah yang terberkati untuk itu, mari pada kesempatan ini kami mewakili Pemerintah baik itu Pemerintah Provinsi juga seluruh Stake Holder dan Komponen Bangsa yang ada lewat kami ingin mengajak kita semua bersatu padu dalam memahami, merefleksi dari sisi iman mengetahui bagaimana kehidupan kita selama ini sampai dengan detik ini tentang apa yang sudah kita berikan bagi kehidupan dihadapan Tuhan dan juga kehidupan secara nyata dalam konteks berbangsa dan bernegara,” paparnya.

    Baca juga:  Pemprov PB Siapkan Nomor Layanan Bencana 'Smart Keren', Aktif 24 Jam

    Pangdam mengatakan, Tanah Papua tanah terberkati. Untuk itu harus dihadirkan segalanya mulai dari pemikiran, berucap, bahkan sampai dengan melakukan segala tindakan dan kegiatan baik secara pribadi maupun kebersamaan ini dengan tindakan-tindakan yang positif.

    “Kami mengimbau kepada basodara yang masih melakukan kegiatan yang sifatnya mengganggu ketentraman, keamanan hati setiap manusia yang hidup di Papua Barat karena didalam hati itulah tempat bersemayamnya Tuhan Yang Maha Kuasa secepatnya sadar, kembali karena kalian juga merupakan anak bangsa juga merupakan kekuatan dalam rangka menjaga Bangsa dan Negara, NKRI dan tanah Papua,” ajak Pangdam. (LP2/red)

    Latest articles

    Hermus Indou Impikan Mall Pelayanan Publik di Manokwari

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pemerintah kabupaten Manokwari menerima Piagam Penghargaan Penilian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pemerintah Daerah Tahun 2023 dari Ombudsman RI. Penghargaan tersebut diserahkan langsung...

    More like this

    Lantik 64 Kepsek-Pengawas, Bupati Hermus: Kerja dengan Baik, ini Amanah

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou melantik dan mengukuhkan pejabat fungsional pengawas dan kepala...

    Forum Masyarakat SAIRERI Usul Keterwakilan OAP di DPR RI dari Jalur Afirmasi

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ketua Forum Masyarakat SAIRERI, Derek Ampnir mengatakan, untuk mencegah konflik pasca-Pemilu 2024,...

    Mahasiswa Geruduk Kantor Bawaslu Papua Barat, Tuntut Tindakan Tegas Pelanggaran Pemilu

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan massa yang terbagung dalam Solidaritas Mahasiswa Hukum Manokwari mendatangi kantor Badan...