25.9 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Panen Raya Jagung, Dandim Teluk Bintuni: Ketersediaan Pangan Bagian dari Pertahanan

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Kodim 1806/Teluk Bintuni menggelar panen raya jagung seluas satu hektare di Kampung Argosigemerai, SP5, Distrik Bintuni Timur, Kamis (17/11/2022). Lahan jagung merupakan satu langkah mempertahankan ketersediaan pangan daerah.

    Dandim 1806/Teluk Bintuni, Letkol Arh. Patrick Arya Bima, berharap panen raya hari ini tidak sekadar seremoni, tetapi mesti berlanjut. Ketahanan pangan, kata dia, juga sudah menjadi atensi Presiden RI, Joko Widodo (Widodo).

    Baca juga:  HUT Ke-20 Teluk Bintuni, Mantan Bupati Bangga dengan Pembangunan Daerah

    “Ketersediaan pangan adalah bagian dari pertahanan. Kalau kebutuhan pangan tidak tercukupi, berarti wilayah tersebut juga tidak akan bertahan,” kata Patrick.

    Patrick mengatakan, juga mesti terus digaungkan bahwa bahan pokok makanan bukan hanya nasi, tetapi ada jagung, sagu, ubi, dan pisang.

    Baca juga:  Pemkab Teluk Bintuni Gandeng STIH Caritas Papua Susun Raperda

    Di luar itu, Patrick menyampaikan agar pemerintah daerah melalui instansi terkait untuk senantiasa memberikan pendampingan dari penyuluhan pertanian.

    “Saya menitip ke Dinas Pertanian, petani banyak ingin ada pendampingan dari penyuluhan pertanian. Pascatanam dan panen harus diperhatikan. Bagaimana bibit yang bagus agar dijamin, pupuknya juga, dan setelah panen akan diarahkan ke mana,” tuturnya.

    Baca juga:  Koramil 1806-04/Distrik Wamesa Bantu Pengentasan Buta Aksara di Daerah 3T

    Sementara, Plt. Kepala Dinas Pertanian Teluk Bintuni, I Wayan Sidia, mengatakan kolaborasi sangat penting untuk mempertahankan pangan daerah.

    “Karena saya baru bergabung di Dinas Pertanian, saya akan segera mengevaluasi bersama Dinas Perindagkop, apa yang dibutuhkan petani kita di Bintuni,” kata dia. (LP5/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Polres Teluk Bintuni Panen Perdana Jagung, Hasilnya Dibagikan ke Masyarakat

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni melakukan panen jagung di kebun Bhayangkari, Senin (5/4/2024). Ini merupakan...

    Mediasi Kelar, Pemilihan Kepala Kampung Sara Teluk Bintuni Segera Digelar

    TELUK BINTUNI,Linkpapua.com - Polres Teluk Bintuni memediasi permasalahan antara Kepala Distrik Kaitaro Feky Feneteruma...

    Irigasi Jebol, Kampung Waraitama Teluk Bintuni Kembali Terendam Banjir

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Hujan dengan intensitas tinggi sejak beberapa pekan lalu menyebabkan jebolnya irigasi di...