24.5 C
Manokwari
Jumat, Juli 19, 2024
24.5 C
Manokwari
More

    Pakai Masker Perlu, Tapi Ubah Mindset Tentang Covid Lebih Penting

    Published on

    Manokwari,Linkpapuabarat.com– Kodim 1801/Manokwari, membentuk Tim Penegak Protokol Kesehatan, untuk mendisplinkan masyarakat terhadap ancaman bahaya Covid-19.

    Tim ini tidak lagi ‘mengejar’ pengunaan masker, tetapi lebih kepada pemberian pemahaman secara kooperatif bagi masyarakat.

    “Bukan lagi operasi penggunaan masker, tetapi tim mendatangi dan memberi pemahaman tentang ancaman nyata Covid-19,” terang Dandim 1801/Manokwari, Kolonel Arm. Airlangga, Rabu (28/10/2020).

    Menurutnya, cara itu dipilih agar masyarakat yang sebelumnya apatis dengan virus ini, memahami dan melaksanakan protokol kesehatan. Ini pun dilakukan hingga tingkat Koramil di wilayah kerja Kodim 1801/Manokwari.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Tekankan Pentingnya Penataan Peta Batas Wilayah Tiap Kampung

    Membagikan masker diakuinya sangat penting sebagai langkah pencegahan, tetapi baginya lebih penting adalah bagaimana merubah pola pikir masyarakat tentang Covid-19.

    “Jadi, yang kita dobrak adalah mindset, agar kesadaran masyarakat terhadap Covid-19 itu benar-benar ancaman yang nyata,” paparnya.

    Baca juga:  Momentum Dies Natalies, Polbangtan Manokwari Komitmen Lahirkan SDM Mumpuni

    Untuk menjalankan strategi anti mainstream itu, pemerintah daerah dan semua pemangku kepentingan diajak lebih fokus menggelar operasi demi meningkatkan kesadaran masyarakat.

    Ia sangat yakin jika sebagian besar masyarakat masih acuh terhadap penggunaan masker. Lebih tepat menurut Dandim jika pemahaman masyarakat terkait Covid-19, lebih ditingkatkan dan menjaga kesehatan masing-masing pribadi.

    “Bisa disaksikan sendiri, masih ada warga yang kumpul-kumpul dan tidak menerapkan protokol kesehatan. Ini sangat jauh dari harapan kita semua. Melawan Covid-19 harus total,” ujarnya lagi.

    Baca juga:  21 Anak Alami Stunting di Mansinam, Dituntut Perhatian Pemda

    Sejauh ini di Papua Barat, hanya kabupaten Pegunungan Arfak yang masuk kategori Hijau dan belum tersentuh kasus Covid-19. Dengan merubah mindset masyarakat, diharapkan angka Covid-19 di Papua Barat, dapat ditekan tentu dengan peran maksimal seluruh pihak. (rls/*)

    Latest articles

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya (PBD). Operasi...

    More like this

    Ali Baham Intervensi Stunting di Kampung Sumber Boga, Temui Keluarga Bayi Kembar Tiga

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pejabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, bersama Satgas Stunting...

    Hermus Indou-Mugiono Raih Dukungan PPP di Pilkada Manokwari 2024

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi menyerahkan rekomendasi dukungan kepada petahana Bupati...

    Kejati Papua Barat Anjangsana Peringati Hari Bhakti Adhyaksa

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat Muhammad Syarifuddin, didampingi oleh Wakil Kepala Kejaksaan...