26.4 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Manokwari Selatan Jadi Lokasi Latihan Gabungan TNI, Kodam Kasuari Dukung Penuh

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Latihan Gabungan (Latgab) TNI, yang melibatkan Angkatan Darat, Laut, dan Udara, untuk tahun 2023 siap digelar. Kogabwilhan III telah merencanakan Latgab ini akan dilaksanakan di salah satu wilayah Kodam XVIII/Kasuari.

    Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, menyampaikan Kodam XVIII/Kasuari siap mendukung sepenuhnya Latgab TNI 2023 di wilayahnya.

    Kolonel Inf Aswin Kartawijaya, Asisten Operasi (Asops) Kasdam XVIII/Kasuari, menjelaskan tahapan pertama Latgab TNI TA. 2023 dimulai dengan kedatangan rombongan Kodiklat TNI di Makodam XVIII/Kasuari, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Sabtu (27/5/2023) lalu.

    Pangdam, Kasdam Irdam, para Staf Ahli Pangdam, serta para Asisten dan Kabalakdam XVIII/Kasuari menyambut langsung rombongan dari Kodiklat TNI yang dipimpin Brigjen TNI Khairul Anwar, selaku Direktur Latihan Kodiklat TNI. Pertemuan ini dilanjutkan dengan briefing awal untuk melakukan peninjauan terhadap medan yang akan digunakan dalam Latgab TNI tahun 2023.

    Baca juga:  Capaian Rendah, 2023 Papua Barat Kembali Gencarkan Vaksinasi

    “Peninjauan daerah latihan yang dilaksanakan selama dua hari, 28 sampai dengan 29 Mei 2023, bertempat di daerah Manokwari Selatan. Peninjauan daerah Latgab ini merupakan salah satu pertimbangan kapan dilakukan latihan gabungan tersebut. Dari segi kesiapan dari semua angkatan dan untuk personel yang dilibatkan sampai dengan saat ini masih pada proses perumusan yang tentunya melibatkan banyak personel,” kata Aswin dalam keterangannya persnya kepada LinkPapua.com, Selasa (30/5/2023).

    Baca juga:  Efektif Tangani Banjir dan Infrastruktur, Kinerja Dinas PUPR Papua Barat Diapresiasi

    Manokwari Selatan dipilih sebagai lokasi Latgab karena dinilai strategis dan memiliki areal yang memadai. Selain itu, daerah ini juga memiliki medan latihan yang sesuai dengan materi latihan yang akan dilaksanakan serta karakteristik daerah operasi yang akan dihadapi.

    “Tujuan dari Latgab ini adalah meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan para prajurit sehingga apabila para prajurit dan seluruh sistemnya diperlukan dalam melaksanakan operasi, semuanya sudah siap. Latihan Gabungan TNI ini akan memberikan gambaran sejauh mana kekuatan, kemampuan, dan kesiagaan operasi TNI untuk menghadapi setiap ancaman yang akan mengganggu kedaulatan NKRI,” bebernya.

    Baca juga:  Kepala Distrik Tewas dalam Serangan Bersenjata di Fakfak Papua Barat

    Melalui Latgab TNI tahun 2023 ini, diharapkan dapat memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa pembangunan yang telah dilakukan pemerintah daerah dapat terus berlanjut dan berkesinambungan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    “Selain itu, sinergitas TNI-Polri dan pemerintah daerah juga dapat dikolaborasikan dengan baik guna mendukung terciptanya keamanan dan kedamaian di tanah Papua Barat dan Papua Barat Daya serta Papua secara keseluruhan,” ungkapnya. (*/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari Gelar Aksi Peduli

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari...

    Longsor di Distrik Tahota, Kapolres Mansel Pimpin Evakuasi Material yang Tutup Badan Jalan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Longsor terjadi di Kampung Yarmatun, Distrik Tahota, Kabupaten Manokwari Selatan, Minggu (14/4/2024)....

    Pertamina Patra Niaga Siapkan Stok Avtur Hadapi Arus Balik Lebaran

    JAYAPURA, Linkpapua.com- Konsumsi avtur sebagai bahan bakar pesawat terbang mulai naik pada puncak arus...