27.1 C
Manokwari
Selasa, Juli 16, 2024
27.1 C
Manokwari
More

    Lestarikan Budaya Lokal, Komisi A Usul Berlakukan Mata Pelajaran Mulok

    Published on

    Manokwari,Linkpapuabarat.com – Ketua Komisi A DPRD Manokwari, Masrawi Ariyanto mengusulkan agar mata pelajaran muatan lokal (Mulok) kembali dimasukan dalam kurikulum pendidikan. Hal itu dianggap penting untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal Papua.

    “Mata pelajaran muatan lokal harus lebih diaktifkan kembali agar budaya maupun kesenian Papua kususnya Manokwari tidak pudar dan tetap terjaga dikalangan siswa. Ini sebagai dasar untuk menuntut ilmu yang lebih tinggi.Posisi budaya sangat penting karna mencerminkan kepribadian mengingat dengan perkembangan zaman dan teknologi mulai tergerus,”ungkap Masrawi Selasa (20/10/2020).

    Baca juga:  Cek Penanganan Covid-19, Pansus DPRD Sambangi BLUD RSU Manokwari

    Dikatakan politisi PKS ini, mata pelajaran mulok juga sebagai wadah ekspresi dari siswa sesuai dengan bakatnya masing-masing.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Resmikan Tribune Hebo sebelum Upacara HUT Kemerdekaan RI

    “Jika tidak wadah atau media untuk mengekspresikan diri dikawatirkan siswa-siswa malah terpengaruh dengan hal-hal yang negatif. Apalagi di Manokwari ini terdiri dari berbagai macam suku sehingga menjadi cerminan. Siapapun yang ada di Manokwari wajib memahami kearifan lokal disini.Meskipun mulai ada sanggar-sanggar atau kelompok yang melatih anak-anak tentang kebudayaan Papua tetapi itu masih terbatas yang tidak bisa menjangkau semua,”jelas dia.

    Baca juga:  Patuh Perintah Presiden Jokowi, RSUD Manokwari Siap Sesuaikan Harga PCR Test

    Penerapan mulok juga sebagai upaya melestarikan kebudayaan lokal. Untuk itu komisi A akan menyampaikan hal ini kepada dinas pendidikan dan kebudayaan Manokwari.(LPB3/red)

    Latest articles

    KPU Manokwari Sarankan Bakal Calon Tidak Mendaftar Dihari Terakhir Pendaftaran

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari menggelar Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 8 tahun 2024 tentang pencalonan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil...

    More like this

    KPU Manokwari Sarankan Bakal Calon Tidak Mendaftar Dihari Terakhir Pendaftaran

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari menggelar Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 8 tahun...

    Pengusaha Desak Kejati Tuntaskan Dugaan Korupsi 3 Proyek Jalan di Papua Barat

    MANOKWARI,linkpapua.com- Pengusaha asli Papua mempertanyakan belum adanya sikap konkret Kejaksaan Tinggi Papua Barat dalam...

    Distrik Manokwari Barat Upayakan Percepatan Capaian PIN Polio

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Untuk mengatasi kejadian luar biasa (KLB) polio yang terjadi tanah Papua, Pemerintah...