Rabu, Agustus 4, 2021
27.1 C
Manokwari
27.1 C
Manokwari
Rabu, Agustus 4, 2021

Indonesia COVID-19 Statistics

98,889
Total Kematian
Updated on Wednesday, 4 August 2021, 10:30 10:30 am
524,142
Total Kasus Aktif
Updated on Wednesday, 4 August 2021, 10:30 10:30 am
3,496,700
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Wednesday, 4 August 2021, 10:30 10:30 am

Lantik Juliana Mandacan Jadi Bunda PAUD, Ini Pesan Gubernur

MANOKWARI, Linkpapua.com – Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, melantik Juliana A. Mandacan-Kiriweno sebagai Bunda PAUD Provinsi Papua Barat.

Pelantikan berlangsung di Gedung Dekranasda Papua Barat, Jalan Drs. Esau Sesa, Sabtu (19/6/2021).

Dalam ikrar Bunda PAUD, Juliana Mandacan berjanji akan membangun dan membina PAUD di Papua Barat.

Sementara itu, dalam sambutannya, Gubernur Provinsi Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, menyampaikan bahwa pengembangan anak merupakan tanggung jawab yang telah diamanahkan dalam undang-undang.

“Kita ketahui bersama bahwa dalam Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini dan Holistik Integratif, mengamanatkan kita bahwa sumber daya manusia (SDM) yang sehat, cerdas, dan produktif merupakan aset yang sangat berharga bagi bangsa dan negara,” kata Dominggus.

Di Indonesia, kata dia, diperlukan peningkatan kualiatas SDM dalam mencapai tumbuh kembang anak selama periode usia dini sampai anak enam tahun.

Upaya peningkatan kesehatan gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan, dan pendidikan yang dilakukan secara stimulan, sistematis, dan terintegrasi, perlu disiapkan untuk membangun anak yang cerdas.

“Sebagai mitra pemerintah, saya berharap Bunda PAUD dapat mendorong partisipasi dalam mendukung pengembangan dalam penyelenggaraan layanan PAUD yang berkualitas di Provinsi Papua Barat. Tugas Bunda PAUD adalah pengabdian karena ini merupakan profesi sukarela,” bebernya.

Gubernur juga berharap dalam menjalankan tugas, dapat melakukan komunikasi yang baik dengan semua pemangku kepentingan yang mempunyai potensi pengembangan layanan PAUD.

Bunda PAUD Papua Barat selanjutnya akan membentuk kelompok kerja (Pokja) yang melibatkan unsur organisasi sosial, organisasi keagamaan, organisasi profesi, perguruan tinggi akademisi, dan pemangku kepentingan di Papua Barat.

Selaku pembina Dekranasda, Bunda PAUD mengharapkan dukungan dan dorongan program-program yang dibuat oleh Dekranasda kabupaten yang diintegrasikan dengan program-program provinsi. Dengan begitu, dapat melestarikan budaya kerajinan yang mendukung kearifan lokal.

Gubernur juga mengajak semua masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan Papua Barat, terutama kerajinan orang Papua. “Ciri khas dari masing-masing daerah berbeda itu yang harus dilestarikan dan dilindungi,” ajaknya. (LP5/red)

Latest news