25.9 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Lahan Bandara Rendani Resmi Diserahkan, Hermus: Pembangunan Dimulai

    Published on

    MANOKWARI,Linkpapua.com- Masalah yang sekian lama melingkupi pembebasan lahan Bandara Rendani Manokwari akhirnya selesai. Pemkab Manokwari secara resmi telah menyerahkan lahan bandara Rendani untuk perpanjangan runway ke Kementerian Perhubungan, Jumat (22/4/2022).

    “Kita memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja sama atau berkolaborasi dalam penyelesaian tanah Bandara Rendani. Dengan adanya penyerahan ini artinya satu tahapan penting telah kita lewati,” terang Bupati Manokwari Hermus Indou, Jumat (22/4/2022).

    Baca juga:  Kapolda Papua Barat Jamin Netralitas Jajarannya Pada Pemilu 2024

    Hermus mengatakan, penyerahan hasil pengadaan tanah bandara adalah fase paling krusial. Setelah ini akan dilakukan sertifikasi lahan.

    “Dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, proses hukum dan legalitasnya akan diselesaikan dan memiliki kekuatan hukum tetap. Setelah itu akan diterbitkan sertifikat,” katanya.

    Setelah sertifikat terbit tahap selanjutnya adalah bagaimana pemerintah Kabupaten Manokwari berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan untuk dimulainya pembangunan bandara.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Salurkan Bantuan Rp667 Juta kepada Korban Bencana 2022

    “Negara tidak boleh kalah dengan masyarakat karena yang kita lakukan ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Dan tidak berbicara untuk kepentingan individu,” ketus Hermus.

    Dalam proyek perluasan bandara, kata Hermus, wajib hukumnya untuk mengalahkan kepentingan pribadi atau golongan. Menurutnya, Bandara Rendani memiliki fungsi strategis. Bandara ini menjadi kunci transformasi ekonomi dan sosial di Manokwari.

    Baca juga:  Nataniel Dominggus Mandacan Nahkodai PMI Papua Barat

    Karena itu dukungan semua pihak sangat dibutuhkan. Hermus berharap warga yang masih bertahan di kawasan bandara bisa segera direlokasi agar proses pembangunan bisa dipercepat.

    “Proses ini juga membutuhkan kerja sama antar masyarakat, pemerintah daerah dan Kementerian Perhubungan supaya bisa mendorong percepatan pembangunan terminal dan fasilitas – fasilitas lainnya,” pungkas Hermus. (LP8/red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari Gelar Aksi Peduli

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari...

    Longsor di Distrik Tahota, Kapolres Mansel Pimpin Evakuasi Material yang Tutup Badan Jalan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Longsor terjadi di Kampung Yarmatun, Distrik Tahota, Kabupaten Manokwari Selatan, Minggu (14/4/2024)....

    Pertamina Patra Niaga Siapkan Stok Avtur Hadapi Arus Balik Lebaran

    JAYAPURA, Linkpapua.com- Konsumsi avtur sebagai bahan bakar pesawat terbang mulai naik pada puncak arus...