27.7 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
27.7 C
Manokwari
More

    KPU Papua Barat: Baru Lima Calon Senator dan Dua Parpol yang Resmi Terdaftar

    Published on

    MANOKWARI,Linkpapua.com-KPU Papua Barat menyatakan, hingga hari kedelapan pendaftaran partai politik untuk Pemilu 2024, tercatat baru dua parpol yang secara resmi terdaftar di KPU. Sementara itu calon anggota DPD RI yang terdaftat baru lima bakal calon.

    Ketua KPU Papua Barat Paskalis Simunya kepada wartawan, Senin (8/5/2023) mengatakan, saat ini masih kurang 10 calon anggota DPD dan 15 partai politik yang belum mendaftarkan diri ke KPU.

    Baca juga:  KPU Manokwari Ingatkan Parpol Batas Waktu Perubahan Daftar Caleg Sementara

    “Mudah-mudahan hari ini bisa ter-cover 5 calon DPD. Kami harap sebaiknya DPD lebih dulu mendaftar supaya tidak bersama dengan parpol. karena di tanggal yang bersama juga. Verifikasi DPD memang singkat 30 menit sudah selesai. Tapi partai politik cukup banyak,” ujar Paskalis.

    Dua partai politik yang sudah mendaftarkan bakal calon legislatif yakni dari partai Ummat dan PKS. Di mana masing-masing parpol mengajukan 35 calon anggota legislatif untuk DPRD Papua Barat.

    Baca juga:  Perbaikan Berkas Pencalonan 18 Parpol Diterima KPU Papua Barat

    Dua partai tersebut telah dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat pendaftaran. Meski kata Paskalis, pada awal pendaftaran Partai Ummat sempat dikembalikan untuk perbaikan.

    Dia pun mengingatkan kepada partai politik untuk 30 persen keterwakilan perempuan.

    “Bakal calon legislatif harus diisi minimal 30 persen keterwakilan perempuan,” paparnya.

    Baca juga:  Pemprov Papua Barat Segera Gelar Forum OPD dan Pra-Musrenbang

    KPU sendiri menerima pendaftaran calon anggota DPD RI maupun partai politik hingga 16 hari ke depan mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIT.

    Paskalis berharap bakal calon anggota DPD RI maupun partai politik melakukan koordinasi dengan KPU sebelum pendaftaran. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi tabrakan waktu pendaftaran.(LP9/Red)

    Latest articles

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis strategi pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan berlangsung...

    More like this

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis...

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards...

    Dominggus Mandacan Resmi Terima Rekomendasi DPP NasDem Maju Pilkada Papua Barat 2024

    JAKARTA, Linkpapua - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menyerahkan surat rekomendasi kepada Dominggus...