27.5 C
Manokwari
Senin, Juli 15, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    KPU harap partisipasi pemilih di Manokwari lampaui target nasional

    Published on

    MANOKWARI,Linkpapuabarat.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari, berharap partisipasi pemilih pada Pilkada serentak di daerah ini melampaui target nasional.

    Ketua KPU Manokwari, Abdul Muin Salewe, Rabu (9/12) mengutarakan bahwa target KPU RI partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 2020 ini secara nasional diproyeksikan mencapai sekitar 72 persen. Pihaknya ingin Manokwari melampaui target tersebut.

    “Pada pemilu 2019, khusus untuk Pileg partisipasi pemilih di Manokwari mencapai 87 persen. Untuk Pilkada ini target kami setinggi-tingginya, kami berharap bisa mencapai lebih dari 80 persen,” ucap Muin.

    Baca juga:  Roni Inor Mansim Minta Pemda Juga Tangani Sampah di Warpramasi

    Muin menjelaskan, di Manokwari terdapat sebanyak 493 tempat pemungutan suara (TPS)yang tersebar di sembilan distrik. Daftar pemilih tetap atau DPT di daerah itu mencapai 136.395 pemilih.

    Ia bersyukur Pilkada di Manokwari berjalan lancar. Tidak ada satu pun TPS di daerah ini yang belum melaksanakan pemungutan suara

    “Ada TPS yang terjadi keterlambatan dalam memulai proses pemungutan suara, tapi hingga batas waktu pencoblosan berakhir dan penghitungan semua berjalan lancar,” klsebut Muin.

    Baca juga:  Polres Manokwari Segera Tetapkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana Desa

    Ia juga bersyukur situasi keamanan kondusif selama pemungutan suara dan penghitungan berlangsung. Situasi ini diharapkan berlangsung hingga KPU selesai melakukan pleno rekapitulasi hasil Pilkada.

    Kapolres Manokwari AKBP Dadang Kurniawan pada kesempatan sebelumnya mengutarakan dalam pengamanan Pilkada serentak 9 Desember 2020 penebalan pasukan telah dilakukan baik di Manokwari dan Pegunungan Arfak.

    Untuk pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) pihaknya menyiapkan 493 personil di Manokwari serta 196 di Pegunungan Arfak. Setiap TPS masing-masing dijaga satu personil Polri.

    Baca juga:  PPP Optimistis Raih 2 Kursi di DPRD Manokwari

    “Kami juga dapat bantuan personil BKO (bawah kendali operasi) sebanyak 346 personil dari Sabara Polda Papua Barat serta 79 personil dari Sorong untuk membantu pengamanan wilayah kota,” katanya.

    Dari Brimob, lanjut Dadang, Polres Manokwari mendapat bantuan 200 personil. Mereka pun dipersiapkan untuk membantu pengamanan wilayah kota.

    “200 personil Brimob ini khusus untuk Manokwari. Kami tempatkan mereka di sejumlah Polsek untuk antisipasi kerawanan saat dan pasca pemungutan suara,” demikian Kapolres Manokwari.(LPB1/red)

    Latest articles

    Hari Pertama Operasi Patuh Mansinam, Satlantas Polresta Manokwari Berikan Teguran dan...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Hari pertama Operasi Patuh Mansinam yang digelar Satuan Lalu Lintas Polresta Manokwari pada Senin (15/7/2024) di jalan Siliwangi Kelurahan Padarni, sejumlah pengendara...

    More like this

    Hari Pertama Operasi Patuh Mansinam, Satlantas Polresta Manokwari Berikan Teguran dan Penindakan

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Hari pertama Operasi Patuh Mansinam yang digelar Satuan Lalu Lintas Polresta Manokwari...

    Operasi Patuh Mansinam Dimulai Hari ini, 7 Pelanggaran yang Jadi Incaran

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Polresta Manokwari memulai pelaksanaan Operasi Patuh Mansinam, Senin hari ini (15/7/2024). Operasi...

    Bupati Apresiasi Peran Ikaswara di Manokwari Dalam Momentum Harlah ke 17 Tahun

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam peringatan Hari Lahir (Harlah) Ikatan Keluarga Sunda, Jawa, Madura (Ikaswara) Manokwari...