28 C
Manokwari
Selasa, Mei 28, 2024
28 C
Manokwari
More

    Kodim Mansel: Razia untuk Mengungkap Isu Pengusaha yang Sering Catut Nama TNI

    Published on

    MANSEL, Linkpapua.com – Komandan Kodim 1808 Kabupaten Manokwari Selatan Letkol Infantri Bobi Marsusitaning menegaskan razia yang dilakukan dalam beberapa hari ini sebagai respons atas isu adanya oknum pengusaha yang kerap mencatut nama Kodim saat beraktivitas. Isu ini dinilai merusak nama baik institusi TNI.

    Hal ini disampaikan Dandim melalui Pasipamops Kodim Letda Kav Ahmad Abriadi kepada wartawan, Minggu (21/11/2021). Klarifikasi ini juga untuk meluruskan insiden kesalahpahaman antara wartawan dan Kodim Mansel saat razia, Sabtu lalu.

    Saat razia, aparat TNI melarang wartawan meliput. Pelarangan itu sempat memicu protes kalangan pers.

    Baca juga:  Gubernur Papua Barat Pantau Vaksinasi Massal di Mansel, Persentase Capai 22 Persen

    Namun belakangan, Kodim Mansel memberi klarifikasi. Kodim Mansel menyatakan pada prinsipnya tidak ada pelarangan. Hanya saja isu ini masih harus dikembangkan sebelum dipublikasikan.

    “Rencananya kalau kami sudah mendapat kesimpulan terkait isu tersebut barulah kami akan mempublikasikannya. Hanya saja sampai sejauh ini kami belum bisa simpulkan kebenaran dari isu ini sehingga kami belum mempublikasikannya,” terang Ahmad.

    Lebih lanjut Ahmad menjelaskan, isu tersebut sangat menggangu Dandim. Karena ini menyangkut nama baik institusi TNI.

    Baca juga:  Sah! Paulus Waterpauw Pj Gubernur Papua Barat

    “Untuk itulah kami memutuskan untuk melakukan razia guna menelusuri kebenarannya. Pengusaha yang diisukan sering mencatut nama Kodim dilakukan saat beraktivitas di jalan raya,” paparnya.

    Menurut Ahmad, pertimbangannya bila isu ini betul, maka tim pasti akan menemukan oknumnya. Sebaliknya kalau ternyata tidak terbukti artinya bisa diasumsikan isu belaka.

    Terlepas dari rencana penelusuran kebenaran isu, kegiatan razia yang dilaksanakan oleh Kodim 1808 Mansel sendiri mendapatkan apresiasi dari warga Oransbari. Razia telah memberi rasa aman kepada masyarakat. Terutama terhadap aksi pencurian.

    Baca juga:  Wabup Mansel Lepas Takbir Keliling di Distrik Oransbari

    Kepala Suku Bima Oransbari, Muktar M Saleh menyampaikan razia yang dilakukan Kodim Mansel juga bisa menjadi dukungan bagi pihak kepolisian untuk mencegah pelaku melarikan diri ke arah Manokwari melalui jalur darat.

    “Tapi yang lebih penting adalah dengan adanya razia di jalan poros Mansel- Manokwari, pencuri yang sering menjalankan aksinya di Oransbari ini tidak berani lagi. Seperti kita ketahui bahwa kasus pencurian di Oransbari ini sering terjadi dan pelakunya cenderung dari luar Oransbari,” tambah Muktar. (LP6/red)

    Latest articles

    Dominggus Mandacan Resmi Terima Rekomendasi DPP NasDem Maju Pilkada Papua Barat...

    0
    JAKARTA, Linkpapua - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menyerahkan surat rekomendasi kepada Dominggus Mancadan untuk maju bertarung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Papua...

    More like this

    Dominggus Mandacan Resmi Terima Rekomendasi DPP NasDem Maju Pilkada Papua Barat 2024

    JAKARTA, Linkpapua - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menyerahkan surat rekomendasi kepada Dominggus...

    Wahidin Puarada Terima Surat Tugas DPP PAN Maju Pilgub Papua Barat  

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi menerima surat tugas dari Dewan Pimpinan Pusat Partai...

    Raker Forum Intelektual Risaturi, Kuatkan Sinergi dan Inovasi Antar-Suku di Teluk Bintuni

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Forum Intelektual Kuri, Wamesa, Irarutu, Sumuri (Risaturi) Bersatu menyelenggarakan Rapat...