28.6 C
Manokwari
Minggu, April 14, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Kodam Kasuari akan Rekrut 200 Komcad: Harus Pemuda Terbaik Papua

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com– Kodam XVIII/Kasuari menggelar sidang pantukhir Komponen Cadangan (Komcad) panitia seleksi kompetensi 2023, di Aula Makodam, Manokwari, Jumat (5/5/2023). Kodam berharap pansel bekerja objektif agar bisa merekrut Komcad yang benar benar bisa memperkuat posisi TNI.

    ”Saya berharap personel Komcad yang terpilih adalah betul-betul personel yang memenuhi syarat dan kriteria yang ditentukan baik secara fisik dan nonfisik sebelum masuk pada tahap pendidikan dan latihan pembentukan di Rindam XVIII/Kasuari,” ucap Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Tamimi Hendra Kesuma, saat membacakan amanat tertulis Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema.

    Baca juga:  Dituding Ingkar Janji, BP Tangguh: Kebutuhan Pekerja Konstruksi Semakin Berkurang

    Menurut Kolonel Tamimi, kehadiran Komcad akan memperkuat TNI sebagai komponen utama pertahanan negara. Pada situasi yang genting, Komcad akan sangat dibutuhkan untuk membantu TNI di bidang pertahanan.

    ”Di hadapan kita semua telah dihadirkan peserta seleksi yang siap untuk dididik menjadi Komponen Cadangan untuk ditempatkan di wilayah Kodam XVIII/Kasuari, kita akan memilih calon-calon terbaik untuk dipersiapkan menjadi personel Komponen Cadangan” katanya.

    ”Saya minta, seluruh panitia seleksi lakukan tugas pemantauan akhir ini dengan baik, lakukan pengamatan dengan teliti, yang melingkupi seluruh aspek baik fisik, kesehatan, akademik dan juga aspek kepribadian dan kesamaptaan, sehingga dapat diminimalisir kesalahan prosedur yang berdampak pada proses pendidikan dan latihan komcad nantinya,” tambah Kolonel Tamimi.

    Baca juga:  PPKM di Papua Barat Masuk Level Lebih Baik, Pangdam Kasuari Apresiasi Jajaran

    Pangdam dalam amanatnya juga mengatakan agar para panitia seleksi untuk melakukan tugas mulia ini dengan sungguh-sungguh. Karena menurutnya ini bukanlah tugas yang ringan dalam memilih pemuda-pemuda yang terbaik dari Papua Barat dan Papua Barat Daya.

    ”Kita akan merekrut sebanyak 200 orang, selanjutnya akan mengikuti tahap pendidikan dan pembentukan menjadi anggota Komponen Cadangan yang memiliki sikap dan perilaku yang baik, memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar militer serta ketahanan pangan dan kondisi jasmani yang samapta,” ungkapnya

    Baca juga:  Masih Soal BBM, OKP Manokwari Kembali Gelar Aksi di Kantor DPR Papua Barat

    Komponen Cadangan merupakan sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama dalam menghadapi ancaman militer dan ancaman hibrida. Hal tersebut berdasarkan pada peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021, tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara. (LP2/red) 

    Latest articles

    DPC PDI Perjuangan Tambrauw Buka Penjaringan Balon Kepala Daerah  Tambrauw

    0
    TAMBRAUW, Linkpapua.com- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Kabupaten Tambrauw resmi membuka tahapan penjaringan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    More like this

    DPC PDI Perjuangan Tambrauw Buka Penjaringan Balon Kepala Daerah  Tambrauw

    TAMBRAUW, Linkpapua.com- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Kabupaten Tambrauw...

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...

    Gabriel Asem Sambangi Kediaman AFU: Tak Ada Pembicaraan Politik

    SORONG, linkpapua.com- Mantan Bupati Tambrauw Gabriel Asem menemui Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati...