25 C
Manokwari
Rabu, Februari 21, 2024
25 C
Manokwari
More

    Ketua Bawaslu Mansel: Pemilih tak Dapat Undangan, Boleh Pakai Bukti Screenshot DPT

    Published on

    MANSEL,linkpapua.com- Ketua Bawaslu Manokwari Selatan Inggrid A Sabubun mengatakan, undangan pemilih harus selesai didistribusikan pada 13 Februari 2024. Bagi masyarakat yang tak menerima undangan, bisa mengguncang hasil tangkapan layar atau screenshot DPT online sesuai KTP.

    “Hasil tangkapan layar itu boleh ditunjukkan kepada KPPS pada saat mencoblos 14 Februari di TPS. Kita ingatkan agar kondisi seperti ini tetap harus dilayani,” terang Inggrid, Senin (12/2/2024).

    Inggrid mengingatkan, PTPS harus mengawasi proses tersebut agar tidak ada masyarakat yang kehilangan gak pilih. Sebaliknya, ia juga mewanti-wanti agar tidak ada intimidasi terhadap PTPS.

    Baca juga:  Rapat Koordinasi PKS Papua Barat, Siapkan Spirit Menangkan Pemilu 2024

    “Intinya, kami Bawaslu melakukan pengawasan untuk mengawal setiap pemilih di Manokwari Selatan wajib mendapatkan undangan pemilu. Oleh karena itu, kami sampaikan kepada PTPS untuk menyampaikan kepada masyarakat yang belum menerima undangan, bahwa hasil tangkapan layar atau screenshot DPT online sesuai KTP boleh ditunjukkan kepada KPPS pada saat tanggal 14 Februari di TPS dan harus dilayani,” tandas Inggrid.

    Baca juga:  Bupati Kasihiw Mutasi 157 Pejabat: 3 Bulan Saya Evaluasi Lagi

    Dijelaskan Inggrid, jika sampai batas waktu yang ditentukan belum menerima undangan, hasil screenshot cek DPT online harus dibawa pada hari H sebagai bukti terdaftar di TPS tersebut. Jangan sampai karena tidak mendapat undangan kemudian tidak datang ke TPS.

    “NIK dicek di DPT online dan hasil tangkapan layar tunjukkan ke KPPS dan PPS kemudian wajib dilayani,” terang dia

    Selain itu, untuk masyarakat yang tidak memiliki handphone android, pengawas TPS wajib turut serta membantu agar mereka bisa tetap memilih.

    Baca juga:  Buka Rakerda PKK Papua Barat, Dominggus Pesan Jadikan Tantangan sebagai Pemicu Semangat Kerja

    “Panwas Distrik dan PKD sudah mulai bergerak sekarang ini, kalau masyarakat datang di panwas distrik dan melaporkan ke PKD disitu PKD membantu mereka untuk mengecek TPS bersangkutan. Contoh di oransbari semua PKD berjalan untuk membantu masyarakat tidak memiliki smartphone untuk mengecek DPT Online,” paparnya.

    Pada prinsipnya kata Inggrid, Bawaslu Mansel tetap memastikan pemilih di hari H menggunakan hak pilihnya tanpa intervensi dan tekanan dari manapun. (LP11/red)

    Latest articles

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi...

    0
    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang beredar di Istana, ada dua pos menteri yang akan dirotasi, Yakni...

    More like this

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi Menteri ATR

    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang...

    Pj Gubernur Ali Baham Beberkan Tantangan Berat Papua Barat Menuju Indonesia Emas 2045

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengatakan, ASN harus menjadi...

    Sastrawan Pulo Lasman Simanjuntak Tulis Puisi untuk Presiden RI Terpilih

    JAKARTA, linkpapua.com- Penyair dan sastrawan, Pulo Lasman Simanjuntak menulis syair untuk Presiden RI terpilih...