26.3 C
Manokwari
Rabu, Juli 24, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Jokowi Kurban Sapi Satu Ton di Papua Barat, Diserahkan di Manokwari

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyalurkan bantuan kemasyarakatan hewan kurban berupa sapi ke tiap provinsi di tanah air menyambut Lebaran Iduladha 1444 H/2023 M, termasuk di Papua Barat.

    Jokowi kurban satu ekor sapi berbobot satu ton di Papua Barat yang akan diserahkan Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, di Manokwari.

    Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Papua Barat, Hendrikus Fatem, menyampaikan tiap provinsi mendapatkan satu ekor hewan kurban dari Jokowi.

    Baca juga:  Letakkan Batu Pertama, Bupati Manokwari Berikan Hibah Gedung untuk STKIP Muhammadiyah

    “Tahun lalu kita serahkan ke dua kota besar yakni, Sorong dan Manokwari, karena sudah pemekaran maka akan diserahkan di Manokwari,” ujarnya kepada wartawan, Senin (26/6/2023),

    Hendrikus menjelaskan tiap sapi yang digunakan untuk kurban Jokowi harus memiliki berat minimal satu ton. Sapi berbobot seperti itu, kata dia, berasal dari Manokwari dan Manokwari Selatan.

    “Manokwari dan Manokwari Selatan sudah menggunakan pendekatan reproduksi ternak perkawinan persilangan. Sapi ini dengan jenis sapi yang besar sesuai permintaan dari Presiden. Sapi akan diserahkan Gubernur di Masjid Baitul Iman, Kampung Udapi Hilir, Manokwari,” ungkapnya.

    Baca juga:  Waterpauw Perintahkan Tutup Sementara Aktivitas Galian C di Kota Sorong

    Menyinggung kesiapan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat, Hendrikus menyebut pihaknya telah menyiapkan 30 ekor sapi. “Kita sudah siapkan 30 ekor sapi dan masih akan berkembang sampai besok berapa total sapi yang akan dikurbankan, ” Jelasnya.

    Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Papua Barat juga telah menyiapkan lima ekor sapi yang diserahkan bersamaan dengan sapi kurban Jokowi. Sementara itu, daerah lain di Papua Barat juga akan menerima sapi dari provinsi.

    Baca juga:  Sempat Diprotes Oknum Mahasiswa, Vaksinasi Covid-19 di Unipa Berjalan Lancar

    Mengenai kesehatan hewan, Hendrikus mengimbau masyarakat agar menghubungi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Papua Barat jika mereka memiliki keraguan mengenai kesehatan hewan kurban yang akan dibeli.

    “Seluruh masyarakat di Papua Barat yang ingin melakukan kurban dan ragu tentang ternak yang akan dibeli bisa menghubungi kami untuk memastikan ternak tersebut sehat,” ucapnya. (LP9/Red)

    Latest articles

    PKS Usung Utayoh Jilid II di Fakfak

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung calon kepala daerah Fakfak Untung Tamsil- Yohana Hindom (Utayoh) pada pilkada serentak 27 November mendatang....

    More like this

    PKS Usung Utayoh Jilid II di Fakfak

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung calon kepala daerah Fakfak Untung...

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat...

    P2TIM-TB Kukuhkan 96 Siswa, Diharap Siap Hadapi Persaingan Global

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas Teluk Bintuni (P2TIM-TB) mengukuhkan 96 siswa...