26.4 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Ingatkan Jajaran Soal Serapan APBD, Bupati Manokwari: Jangan Pakai Sistem Kebut Semalam

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, mengingatkan seluruh jajaran perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari untuk mengoptimalkan serapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Orang nomor satu di daerah berjuluk Kota Injil ini juga mewanti-wanti tidak menyalahgunakan anggaran.

    Hermus menekankan itu saat apel gabungan seluruh pegawai, baik aparatus sipil negara (ASN), pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), maupun honorer, Senin (22/8/2022).

    Baca juga:  Dijaga Ketat Polisi, Demo Tolak Otsus Jilid II di Manokwari Berakhir Damai

    Hermus dalam arahannya pertama-tama menyampaikan soal kedisiplinan, baik disiplin masuk kantor, disiplin berseragam, maupun menaati segala peraturan. Dia melanjutkan bahwa disiplin juga termasuk dalam penggunaan anggaran.

    “Disiplin menggunakan anggaran berdasarkan sumber pendapatan dan peruntukannya. Jangan pakai untuk hal yang tidak tepat dalam pengelolaan anggaran,” kata Hermus.

    Baca juga:  Perkuat Kerukunan dan Toleransi Antar Umat Beragama, Kodim 1801/Manokwari Kumpul Sejumlah Tokoh

    Dia pun meminta ke seluruh perangkat daerah untuk mengejar serapan anggaran sedari sekarang. “Jangan kita pakai sistem kebut semalam (SKS) di bulan Desember. Termasuk pertanggungjawaban supaya dilaksanakan dari sekarang,” tegasnya.

    Proses pelelangan dan kontrak kerja dengan pihak ketiga, lanjutnya, supaya dipercepat. “Karena kalau kita lambat, ada beberapa dana yang bersumber dari DAK (dana alokasi khusus) akan mengalami pemotongan seperti tahun lalu hampir Rp20 miliar lebih dikembalikan. Kita mengalami kerugian karena uang itu tidak disalurkan,” tuturnya.

    Baca juga:  124 Tahun Manokwari, Hermus Ingin Ada Transformasi Pembangunan

    “APBD untuk melayani masyarakat Manokwari. Mari kita prioritaskan untuk Manokwari, jangan gunakan untuk kepentingan lain,” imbuhnya. (LP8/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari Gelar Aksi Peduli

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari...

    Hermus Indou Harapkan Peran Generasi Muda dalam Mengisi Pembangunan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indou membuka Festival Tamborine Piala Bupati Manokwari tahun 2024 yang...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    MANOKWARI, Linkpapua.com- KPU Kabupaten Manokwari telah mengumumkan hasil audit Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana...