28.2 C
Manokwari
Sabtu, Mei 25, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    Ikatan Keluarga Madura Jadi Pemersatu di Tanah Rantau, Rangkul Perbedaan, Eratkan Persaudaraan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Masyarakat Madura di Manokwari yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Madura (IKAMA) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) I, Sabtu (11/12/2021).

    Musda tersebut nantinya memilih ketua maupun pengurus IKAMA Manokwari dengan mengusung tema ‘Rangkul Perbedaan, Eratkan Persaudaraan’.

    Plt Kepala Suku IKAMA Manokwari Iwan Buana mengatakan ini menjadi momen sejarah karena baru pertama kali dilaksanakan Musda oleh orang Madura yang ada di Manokwari.

    Baca juga:  Filep Wamafma: 2025 Semua Dosen STIH Manokwari Sudah Harus Bergelar Doktor

    “Di Manokwari sejak 30 tahun terakhir baru pertama kali digelar di Manokwari. Justru di Teluk Bintuni sudah ada terlebih dahulu. Yang tergabung di IKAMA ini warga yang berada di 4 di Pulau Madura, yaitu Sampang, Bangkalan, Pamengkasan dan Sumenep. Semoga dengan Musda terpilih pengurus yang bisa semakin baik dalam memimpin orang Madura di tanah rantau,” ungkapnya.

    Sementara itu, tokoh pemuda Madura di Manokwari yang juga merupakan anggota DPRD Manokwari Masrawi Ariyanto menyampaikan pasca musda jajaran pengurus maupun organisasi IKAMA akan didaftarkan ke Kesbangpol Manokwari sebagai legalitas ormas yang resmi.

    Baca juga:  Perempuan Korban Penyerangan TPNPB-OPM di Meyerga Ditemukan Selamat, Begini Kondisinya

    Yang terpenting menurut Masrawi, persatuan dan kesatuan dari warga Madura di Manokwari dalam mendukung program Pemda, terutama menjaga Kantibmas.

    Bupati Manokwari yang diwakili Kepala Kesbangpol Manokwari Jaka Mulyanta mengatakan tema yang diusung sangat baik. Yang terpenting bagaimana mewujudkan tema tersebut.

    Baca juga:  Musda IKAMA Manokwari, Irianto Samsu Tumbangkan Kotak Kosong

    “Negara menjamin untuk melestarikan nilai adat dan budaya untuk mendukung bangsa dan negara. Masyarakat wajib menjaga identitasnya yang bersatu dalam wadah untuk kolaborasi yang positif. Berkembangnya dinamika kehidupan diikuti oleh tantangan pada organisasi. IKAMA jadi rumah untuk merangkul dan menjawab persoalan yang ada dalam berbagai aspek,” jelasnya. (LP3/Red)

    Latest articles

    DPD BKPRMI Manokwari Berbagi dengan Yayasan Anak Yatim Ikhsan Al Mauun

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Manokwari menggelar Halal Bi Halal bersama Yayasan Anak Yatim Ikhsan Al Mauun Jumat (24/5/2024)....

    More like this

    DPD BKPRMI Manokwari Berbagi dengan Yayasan Anak Yatim Ikhsan Al Mauun

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Manokwari menggelar Halal Bi...

    Turnamen Catur IKT Teluk Bintuni, Kuatkan Minat dan Solidaritas

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Teluk Bintuni, Ferdinan Mangalik, membuka...

    Kejari Bintuni Ultimatum GS Hadiri Panggilan Ketiga Terkait Kasus Dana Hibah KPU

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com- Kejari Teluk Bintuni Jhony A zhebua melalui Jaksa penyidik dari Kejaksaan Negeri...