28.7 C
Manokwari
Kamis, Juni 20, 2024
28.7 C
Manokwari
More

    Gelar Diseminasi Moneter-Fiskal, BI Papua Barat Sampaikan Sejumlah Rekomendasi

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bank Indonesia (BI) perwakilan Papua Barat menggelar Diseminasi moneter- fiskal Papua Barat Kamis (30/5/2024) di kantor Kanwil DJPb Papua Barat. Diseminasi yang juga menghadirkan pemda tersebut mengusung tema “Strategi Moneter Fiskal dalam menodorong pertumbuhan ekonomi Papua Barat yang inklusif dan berkelanjutan”.

    Pj Gubernur Papua Barat yang diwakili oleh Pj Sekda Papua Barat Jacob Fonataba menyampaikan dengan Diseminasi ini dapat mengetahui info perekonomian terkini di Papua Barat dan menjaga stabilitas perekonomian.

    Baca juga:  Pemprov Papua Barat Rasionalisasi Anggaran Pemilu 2024

    ” Pemerintah daerah menjadi faktor utama pertumbuhan. Pada triwulan 1 tahun 2024 terjadi pertumbuhan mencapai 5.5 persen. Sedangkan realisasi belanja daerah hingga 28 Mei 2024 belanja daerah mencapai 10.24 persen. Kinerja itu tidak terlepas dari pengelolaan kebijakan fiskal. Pengelolaan fiskal yang efektif menjadi kunci utama mencapai tujuan pembangunan daerah yang berkelanjutan,”ujarnya.

    Baca juga:  Dispora Papua Barat Verifikasi Atlet Menuju Kualifikasi PON 2024

    Disampaikannya, melalui Diseminasi ini dapat memperoleh masukan dari berbagai stakeholders guna peningkatan kinerja keuangan daerah.

    Sementara itu, Kepala BI Perwakilan Papua Barat Setyan menjabarkan industri masih menjadi yang dominan dalam komponen perekonomian daerah.

    Baca juga:  PWI Kritik Pemprov Papua Barat: Kerja-kerja Pers Diabaikan

    “Kami merekomendasikan dengan dominannya sektor migas di Papua Barat perlu diimbangi dengan pengembangan sektor ekonomi baru, perlunya mendorong percepatan belanja dan efektifitas pendapatan, pengendalian inflasi dan elektronifikasi pemda melalui kanal peningkatan pembayaran nontunaj demi meningkatkan pendapatan daerah dan akuntabilitas,”bebernya.(LP3/Red)

    Latest articles

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    0
    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni, Rabu (19/6/2024). Aksi ini berujung ricuh. Massa melakukan perusakan di kantor...

    More like this

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni,...

    Kasus Korupsi Beras di Bintuni Naik ke Penyidikan, ASN Calon Tersangka

    TELUK BINTUNI,Link Papua - Polisi menaikkan status kasus dugaan penyelewengan beras Bulog ASN di...

    Pilkada 2024, PDIP Papua Barat Menunggu Arahan DPP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- 2 bulan jelang pendaftaran calon kepala daerah pada Agustus mendatang, Partai Demokrasi...