27.5 C
Manokwari
Senin, Juli 15, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Erni Sosang Prihatin, Banyak Anak Masih Hirup Lem Aibon di Manokwari

    Published on

    MANOKWARI – Anggota DPRD Manokwari, Erni Sosang sangat prihatin dengan penyalahgunaan lem Aibon di kalangan anak-anak. Minimnya pengawasan ditenggarai merebaknya penjualan lem aibon ditengah masyarakat.

    Padahal Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur pencegahan dan penanggulangan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA), sudah ada sejak 2018.

    “Aak-anak ini justru harus disiapkan jasmani dan rohaninya. Bagaimana kalau mereka masih kecil sudah terpapar dengan obat-obat terlarang. Perlu ada aturan yang mengatur penjualan lem Fox secara ketat,” ujarnya Jumat (25/9/2020) di Manokwari.

    Baca juga:  Jelang Kocok Ulang AKD DPRD Manokwari, Golkar Ngaku Tak Ambisi

    Erni mengaku temuan di lapangan, ada orang dewasa menjadi perantara untuk membeli lem, yang kemudian dijual kembali kepada anak-anak. Untuk itu, sudah waktunya Manokwari memiliki rumah sakit atau balai ketergantungan obat.

    Baca juga:  Bupati Harapkan Bansos Dimanfaatkan Dengan Baik

    “Butuh tempat rehabilitasi bagi mereka yang ketergantungan terhadap lem aibon. Termasuk yang menggunakan narkoba, mau direhabilitasi di mana,” bebernya.

    “Kita ingin perhatikan pendidikan, tetapi jika kondisi anak-anak sudah seperti itu jadi sulit juga. Pengaruhnya juga pada perilaku sehari-hari,” ungkap Erni lagi.

    Baca juga:  Temui Bupati Manokwari, Komunitas Trail Minta Lebih Diperhatikan

    Faktor keluarga dan lingkungan memiliki peran penting untuk mencegah agar anak tidak terjerumus dalam penyalahgunaan lem aibon. Sebagian besar karena minimnya perhatian dari keluarga.

    Untuk itu dibutuhkan program bimbingan jasmani dan rohani secara berlanjut bagi anak-anak yang menyalahgunakan obat terlarang tersebut.(LPB3/red)

    Latest articles

    Operasi Patuh 2024, Polres Bintuni Fokus Cegah Gangguan dan Lakalantas

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni menggelar apel menandai dimulainya Operasi Patuh Mansinam 2024, Senin (15/7/2024). Operasi Patuh akan fokus mencegah terjadinya lakalantas dan potensi...

    More like this

    Operasi Patuh Mansinam Dimulai Hari ini, 7 Pelanggaran yang Jadi Incaran

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Polresta Manokwari memulai pelaksanaan Operasi Patuh Mansinam, Senin hari ini (15/7/2024). Operasi...

    Bupati Apresiasi Peran Ikaswara di Manokwari Dalam Momentum Harlah ke 17 Tahun

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam peringatan Hari Lahir (Harlah) Ikatan Keluarga Sunda, Jawa, Madura (Ikaswara) Manokwari...

    Meriahkan HUT Ikaswara ke 17, PMI Manokwari Gelar Donor Darah

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam peringatan Hari Lahir (Harlah) Ikatan Keluarga Sunda Jawa dan Madura (Ikaswara)...